Shindy Bonita Berbagi Tips Rawat Peliharaan Musang

_

Mencintai hewan, merupakan salah satu kegemaran dari Shindy Bonita. Ia sudah memelihara beberapa hewan seperti musang, sugar glider, kelelawar dan ular. Diantara semuanya, musang menjadi hewan paling favoritnya. “Suka sama semua hewan, terutama jenis mamalia, khususnya musang . Karena kebetulan orangtua udah memperkenalkan macam-macam hewan dari masih kecil hingga sekarang. Kalau dihitung-hitung dimulai dari jaman tk.”

Shindy mengungkapkan serunya dalam merawat musang peliharaanya, “Pada dasarnya musang memiliki sifat buas ketika sudah dewasa. jika kita merawatnya dari kecil memungkinkan musang menjadi jinak, karena dari kecil musang sudah dibiasakan mencium bau tangan manusia.” Tetapi, jika musang jarang diajak bermain, maka kemungkinan besar sifat asli hewan tersebut akan kembali liar. Oleh karena itu, ia sering mengajak bermain hewan-hewan peliharaan di dalam rumah dengan membiarkan musang terbebas dari kandang.

Dalam menjaga kesehatan dan kebersihan musang, setiap seminggu 2x Ia rutin memandikannya dengan sampo. “Memandikannya juga tidak sulit, kita hanya perlu menggosokan sampo ke bulu di badannya. Setelah itu, bersihkan dengan air bersih yang mengucur. Lalu biarkan musang mengeringkan bulunya sendiri.”

Dalam pemilihan kandang juga, perlu menyiapkan kandang yang terbuat dari besi. Mengapa demikian, karena musang memiliki gigi yang sangat kuat. Namun, untuk musang yang masih berumur 3-4 bulan bisa ditempatkan di kandang yang terbuat dari kayu.

Untuk makanan musang, ada baiknya kita memberikan makanan yang berbeda-beda setiap harinya, karena musang tidak suka makanan monoton. Musang suka sekali memakan buah buahan seperti pisang, mangga, pepaya, jambu, dan lain sebagainya. Selain buah-buahan, musang juga menyukai daging dagingan. “Apalagi, musang sering diasumsikan memakan ayam ternak milik warga.” ujar Shindy.

Share This: