KM. Binaiya Evakuasi Korban Gempa dari Gili Trawangan

_

PT Pelni berhasil mengevakuasi korban gempa Lombok, dari Gili Trawangan, Lombok, NTB dengan KM.  Binaiya yang berlabuh jangkar di perairan Lombok, Senin (6/8) siang.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan, Ridwan Mandaliko Senin (6/8) petang mengatakan  upaya Kementerian Perhubungan dan PELNI dalam menyelamatkan warga Lombok terus  diupayakan salah satunya dengan mengerahkan kapal laut milik PELNI.

Objek wisata Gili Trawangan yang merupakan daerah wisata terkenal di Lombok yang  terkena dampak gempa bumi Lombok banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

“PELNI sebagai BUMN transportasi laut menyediakan sarana transportasi kapal laut dalam  evakuasi dari Gili Trawangan ke Pelabuhan Benoa, Bali,” kata Ridwan.

KM. Binaiya merupakan kapal tipe 1.000 pax yang sebelumnya melayari rute Labuan Bajo-Benoa, namun sesuai instruksi dari Kemenhub KM. Binaiya harus singgah di Gili Trawangan untuk
mengangkut warga dan para wisatawan yang akan menuju Pulau Bali.

“Kapal hanya bisa labuh  jangkar karena tidak ada dermaga di Gili Trawangan, untuk mengevakuasi warga dan para  wisatawan diangkut dengan kapal kecil, lalu naik ke kapal,” terang Ridwan.

Hingga pukul 17.30 Wita dengan KM. Binaiya, PELNI telah berhasil menaikkan 200 orang yang mayoritas wisatawan asing. Para wisatawan nampak sumringah setibanya di atas kapal dan
langsung memesan makan.

“Mereka mengaku belum makan sejak kemarin, di kapal tersedia
makanan dan langsung kami bagikan. Mereka berterima kasih kepada PELNI,” tutur Ridwan.

Share This: