Komunitas Ciliwung Depok : “Sungai Bukan Tempat Sampah”

balai-kita-photo-
Sungai Ciliwung di Kota Depok
_

Komunitas Ciliwung Depok hadir ditengah-tengah keresahan warga tentang alih fungsi sempadan yang terjadi. Komunitas ini peduli terhadap lingkungan, khsususnya ciliwung yang ada di Kota Depok. Dalam melakukan aksinya, para relawan KCD biasa berkumpul di jembatan GDC/kota kembang dan untuk sekretariatnya berada di Perumahan Wartawan Purimulya.

Untuk kegiatan rutin KCD adalah bebenah ciliwung. “Jadi bersih bersih sempadan, cadas sama badan sungai.⁠⁠⁠” Untuk musim kemarau setiap seminggu/dua minggu sekali. Pas weekend. Kalau untuk musim hujan tentatif⁠ dikondisikan dengan cuaca.

“Untuk tahun ini kita ada program penanaman jahe merah (ini udah dimulai), taman rekreasi dan konservasi ciliwung–jadi ini tuh wisata air tp berbau konservasi, co: kita ada tubbing/ main air pake ban dalem truk, bodyrafting/ hanya dengan pelampung.” Ungkap Chinti selaku pengurus KCD.

Perihal Keanggotaan yang tergabung dalam komunitas ini semua merupakan relawan gitu. “Ga mandang kalangan. Ada wirausaha/ wiraswasta, pegawai, dosen, ada mahasiswa juga pecinta alam di kampus, sispala, anak SMA, SMP, bahkan SD, warga/ masyarakat sekitar bantaran, dsb” Ujar Chinti. ia juga menambahkan bahwa pendiri dari KCD merupakan orang TVRI yang peduli terhadap Ciliwung Depok.

Share This: