Komunitas Pertama dan Hanya Satu di Dunia yang Fokus Menanggulangi Sampah di Gunung

_

Trashbag Community adalah sekelompok pendaki multidisiplin yang berdedikasi untuk mengurangi masalah sampah di gunung serta menjunjung tinggi penerapan konservasi alam. Kampanye idealis berbentuk komunitas (nonprofit) yang anggotanya berasal dari berbagai organisasi maupun kalangan bebas / independent diseluruh Nusantara dengan tujuan yang sama menciptakan gunung bebas sampah.

Setelah 5 tahun berdiri TC sudah beranggotakan ± 4000 pendaki tersebar di beberapa wilayah nusantara.
“Konsep awalnya, kita membagi wilayah itu per Provinsi (DPD) dan kota (DPC) dengan kordinator yang sudah ditentukan pun melalui pengajuan sendiri (atas dasar sanggup).” Ungkap Imam.

Saat ini TC sudah mempunyai 14 DPD dan 20 DPC, diantaranya: Sumatra barat, .DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogjakarta, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan, Selatan, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

“Masalah sampah selalu menjadi polemik dikalangan penggiat alam, bahkan oleh mereka para Pecinta Alam.”

Peraturan yang tidak jelas dan tidak adanya hukuman yang berat membuat mereka sering kali lupa untuk membawa kembali turun sampah mereka sendiri yang pada akhirnya menjadi kebiasaan. Sampah selain merusak keindahan secara langsung, juga membuat tidak nyaman dan tidak sedap dipandang.

Mengkampanyekan gerakan moral ini bagi mereka yang sudah bergabung dengan slogan utama “Gunung Bukan Tempat Sampah!” kepada pendaki lainnya.

Share This: