‘LEKAT’ Perkenalkan Kain Baduy di London Fashion Week 2017

Photo : Indah Purwati
_

Program Indonesia Fashion Forward, Jakarta Fashion Week (JFW) berkomitmen membawa desainer Indonesia ke kancah mode Internasional. Salah satu kemitraan antara JFW dengan British Council lewat program residensi membawa ‘Lekat’ untuk tampil di ajang Fashion Scout AW17 dalam rangkaian London Fashion Week 2017. Menyusul kesuksesan Dian Pelangi tahun lalu yang menampilkan koleksi modestwear-nya, tahun ini ‘Lekat’ menampilkan koleksi terbarunya pada 20 Februari 2017 mendatang di Freemasons’ Hall, London.

Lekat adalah representasi dari karya Creative Director, Amanda I. Lestari dalam mengeksplorasi perpaduan tenun Baduy dan beragam bahan tekstil. Warna lembut yang berpadu dengan semburat warna cerah ditambah motif geometris menjadi ciri khas garis desain LEKAT.

“Eksplorasi kekuatan visual dan kisah budaya Indonesia melalui ‘Lekat’, terutama tenun Baduy yang sangat dekat di hati,” Ujar Amanda.

Amanda atau yang biasa dipanggil Mendy juga menuturkan bahwa para penenun Baduy adalah pemilik budaya yang sesungguhnya. Untuk sebuah budaya dalam menjaga masa lalu di masa kini sangatlah krusial. London, ultra urban fashion and film market, juga untuk seni dan instalasi, adalah destinasi terkini untuk misinya.

Tahun ini menjadi kali pertama bagi ‘Lekat’ untuk berkolaborasi dengan Billie Jacobina, salah satu pemenang dari “Ones To Watch” Fashion Scout 2016 dalam program British Council. Gaya mode Inggris yang menggemari corak dan warna merupakan media yang cocok untuk mengembangkan kain tradisional Indonesia yang meriah dengan motif memukau.

Tema yang diangkat ialah “Define Undefined”, Lekat menginterpretasikan tenun Baduy sebagai salah satu warisan budaya Indonesia saat menjelajah behalan dunia saat ini, esok, dan selamanya dan menerjemahkannya ke dalam cerita rakyat Indonesia yang diintrepetasikan oleh Billie Jacobina dalam pattern design.

Kolaborasi ini menghasilkan begitu banyak ide dan teknik dalam pengerjaannya selain proses tenun, terdapat juga proses batik, screen print, digital print, dan embroidery.

Nafas yang dimiliki Lekat ialah desain yang long-lasting, iconic dan chic yang membuatnya terpilih mengikuti program British Council Fashion Residency Program.

Pada kesempatan ini, Nia Dinata sebagai sutradara akan membuat film dokumenter tentang perjalanan ‘Lekat’ mulai dari kesehariannya skype dengan orang London fashion Week hingga fashion show di London.

Share This: