Lestari Alam Kalimantan Selatan Bersama Komunitas Pecinta Alam Lats Explore Outdoor

Aksi membersihkan alam dari sampah-sampah yang dibuang secara sebarangan oleh orang2 yg kurang peduli dengan kebersihan dan kelestarian alam
_

Sebagai agen perubahan, sudah sepatutnya Mahasiswa menjadi penggerak dan membawa hal positif bagi kehidupan. KPA LEO (Komunitas Pencinta Alam Lats Explore Outdoor) merupakan sebuah komunitas yang perduli terhadap alam di lingkungan Kalimantan Selatan. Komunitas ini didirikan oleh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, khususnya oleh mahasiswa UKM PRAMUKA Racana Hasanuddin HM & Ratu Zaleha.

Salah satu anggotanya Mirazur mengungkapkan, “Alam yang tidak terawat dengan baik, dan karena kurang nya kepedulian pemerintah, dan masyarakat untuk menjaga alam di kalsel, kami selaku mahasiswa tergerak untuk ikut melestarikan dan menjaga alam di kalimantan selatan”. Padahal, Kalimantan Selatan yang terkenal dengan banyaknya sungai-sungai, pantai, pegunungan-pegunungan yang indah.

Hal itu yang membuatnya berinisiatif membentuk Komunitas pencinta alam. KPA LEO bersifat sosial dan usaha, dimana selain melakukan kegiatan sosial untuk menjaga kelestarian alam di kalsel, juga melakukan usaha penyewaan alat outdoor/alat camping. Keuntungan dari usaha itulah yg menjadi modal mereka untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial. Sebagai komunitas non kampus, segala pendanaan dan sumber pendapatan harus mereka lakukan secara mandiri melalui usaha tersebut, serta dari donatur yg bersedia membantu.

Meskipun orang-orang yg ada di komunitas tersebut bukanlah orang-orang yang bergelut dibidang pecinta alam, tetapi mereak dapat membuktikan bahwa orang-orang Pramuka dapat melakukan apapun yang dapat dilakukan oleh orang lain.

“Sebagai komunitas yang masih berusia muda, kami masih perlu banyak belajar dari komunitas-komunitas lain,” Ungkap Mirazur.

Share This: