Lisa A Riyanto: Ada 500 Lagu A Riyanto Didaftarkan ke KCI

_

A Riyanto merupakan salah seorang pencipta lagu paling produktif yang pernah ada di Indonesia. Tak kurang 1000 judul lagu lebih telah diciptakan. Semasa hidupnya A Riyanto juga banyak mengorbitkan penyani. Di antaranya Andi Meriem Mattalata dan Tetty Kadi.

“Banyak sekali karya ayah saya almarhum ada sekitar 1000 judul lagu lebih. Yang sudah didaftarkan ke Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI) untuk dikuasakan dan KCI berhak mengkolek performing rightnya, ada sekitar 500 judul,” kata putri almarhum Lisa A Riyanto kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (14/01/2017).

Lisa yang juga pernah menjadi penyanyi ini mengatakan, setiap tahun keluarganya menerima royalty lagu-lagu yang dicptakan ayahnya, dan diberikan oleh KCI setiap bulan Juni. Ketika ditanya berapa jumlah yang diterima setiap tahun, Lisa tidak bersedia menjelaskan. “Berapa jumlahnya ini confidencial ya. Kira-kira cukup untuk ibu saya,” katanya.

Aloysius Riyanto lahir di Surakarta, 23 November 1943  adalah seorang komposer dan penyanyi Indonesia. Dalam industri musik populer, ia lebih dikenal sebagai A. Riyanto. Ia banyak menciptakan lagu populer bagi grupnya Favourite Grup maupun penyanyi-penyanyi lain, seperti Tetty Kadi, Grace Simon, Andi Meriem Mattalata dan Dian Mayasari.

Pada 17 Juni 1994 A. Riyanto sang “Legenda” menghebuskan napas terakhirnya pada umur 50 tahun, setelah berjuang sekian lama menghadapi penyakit komplikasi ginjal & Kencing Manis (diabetes) yang sudah lama diidapnya. Lagu-lagu R Riyanto yang terkenal antara lain: Mimpi Sedih, Biarkan Bunga Berkembang, Sepanjang Jalan Kenangan dll.

 

 

Penulis: Herman Wijaya

Foto    : Herman Wijaya

 

 

Share This: