Masjid dan Lapangan Dipenuhi Umat Islam yang Jalankan Shalat Ied.

_

Antusiasme umat muslim untuk menjalankan Shalat Ied di Hari Raya Idul Fitri 1438 H ini sangat tinggi. Masjid-masjid dan bahkan jalan digunakan oleh masyarakat untuk Shalat Ied.

.

Di Depok, Jawa Barat, setidaknya ada dua lapangan yang digunakan oleh masyarakat untuk shalat Ied, yakni lapangan Pusat Penelitian Perikanan Darat dan Lapangan Kamboja Depok.

Penggunaan Lapangan Kamboja mencerminkan kesadaran toleransi yang tinggi di kalangan masyarakat, karena lapangan tersebut merupakan milik Yayasan Cornelis Chastelein yang juga mendirikan gereja pertama kali di Depok.

Bahkan di arah kiblat umat yang melaksanakan Shalat Ied terdapat sebuah gereja milik Gereja Bethel Indonesia.

“Setiap tahun kami melaksanakan Shalat Ied di sini. Kami memang meminjam lapangan milik Yayasan Cornelis Chastellein, dan mereka mengijinkan. Kami berterima kasih,” kata Syafrandi Lilipaly, salah seorang jemaah yang mengikuti Shalat Ied, Minggu (25/6).

Untuk menghormati unat muslim yang menjankan shalat Ied di Masjid Istiqlal Jakarta, Gereja Katedral Jakarta yang terletak di seberang masjid menyediakan lahan parkir untuk jemaah Masjid Istiqlal yang melakukan ibadah Shalat Id pada Minggu (25/6/2017).

“Kami bisa menampung sekitar 80 unit mobil, tapi tergantung situasi nanti berapa yang bisa ditampung,” kata Koordinator Parkir Gereja Katedral, Sugandi, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Sabtu (24/6/2017).

Pihak Gereja Katedral juga mengubah jadwal misa pagi pada hari Minggu besok yang bertepatan dengan waktu Shalat Id dilakukan. Menurut Sugandi, perubahan jadwal misa itu dilakukan agar lahan parkir tetap cukup untuk menampung kendaraan para jemaah masjid.

“Kalau misa bareng sama shalat kan nanti juga lahan parkir menjadi tidak cukup. Selain itu, ini adalah wujud toleransi kami,” kata dia.

Sebelumnya Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana, mengimbau warga Jakarta untuk menjalankan Shalat Ied di tempat-tempat yang sudah ditentukan. Himbauan yang dikeluarkan pada gelaran Ied pada tahun ini agar warga tidak sembarangan solat di jalanan.

“Kami imbau warga shalat di tempat-tempat yang dudah ditentukan, tidak shalat di jalan yang akan menganggu lalu lintas,” kata Brigjen Suntana kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (24/6).
Namun banyaknya warga yang menjalankan shalat Ied menyebabkan tidak tertampung di masjid, sehingga waga yang membludak, terpaksa menggunakan jalan.

Meski pun menggunakan lapangan atau jalan, Shalat Ied berlangsung tertib. Petugas keamanan bekerja mengatur lalu lintas dan menjaga keamaanan selama berlangsung Shalat Ied.

Share This: