Masqa Band, Ingin Terkenal Dari Musik, Bukan Wajah.

_

Banyak cara kelompok musik untuk menperkenalkan jatidiri mereka. Selain karya, penampilan fisik dan aksesoris juga sangat penting.
Masqa Band, sebuah kelompok musik asal Jakarta, memilih untuk menyembunyikan wajah para personilnya dengan menggunakan topeng, karena ingin penggemar musik menikmati musik daripada melihat wajah mereka.

“Kita pake topeng supaya orang hanya mengenal kita dari musik, bukan penampilan saja. Kita tidak kepingin terkenal. Asal orang suka lagu kita, sudah cukuplah,” kata Ebiet, keybaoardis sekaligus pimpinan Masqa.
Masqa yang beranggotajan Ebiet A Prawira ( keyboards, synthesizer, vocal ), Luna ( vocal ) dan Mimut ( vocal ) dan Lukman Afifudin (drum), tampil di hadapan wartawan di Aruba Cafe and Resto Pasar Raya Blok M, Sabtu (16/12/17).

Dalam industri musik panggung dan rekaman, band yang menyimpan identitasnya melalui masker di luar negeri ada Slipknot dan di Indonesia ada Kuburan dari Bandung.

“Sampai kami akan menyerah untuk membuka topeng kami, entah kapan. Namun sesuai nama band, Masqa kami ambil dari kata mask atau topeng ini seperti fashion untuk penampilan,” tambah Ebiet.

Band The Frame yang dibangun tahun 2016 dengan formasi beda, adalah embrio dibangunnya Masqa saat leadernya Ebiet yang gape main keyboards dan synthesizer, mulai punya obsesi meneruskan bakatnya menulis lagu dan menyanyi.

Ebiet A Prawira memang pernah membuat album rekaman dengan band lamanya, tapi tak melanjutkan kegiatan bermusiknya tatkala kuliahnya di Fakultas Kedokteran mulai menyita waktu.

Baru tahun 2017, Ebiet menghubungi beberapa musisi dan penyanyi yang satu visi, dan akhirnya terbentuk formasi Masqa, Ebiet A Prawira ( keyboards, synthesizer, vocal ), Luna ( vocal ) dan Mimut ( vocal ).
Dalam penampilan perdananya di Aruba Resto & Lounge dan menyiapkan 5 lagu untuk penampilan live-nya, Masqa didukung Sonny pada gitar.

Era digital disikapi dengan spirit menemukan karakter kuat di rekaman dan panggung oleh Masqa Band. Pada materi lagu yang sebagian besar ditulis oleh Ebiet A Prawira (keyboardist), Masqa sengaja membidik pasar beragam.

Dari musik pop yang “ringan” kategori “C” seperti pada lagu Cewek I Love You( karya Ebiet A Prawira juga dinyanyikan oleh penciptanya) terdengar ringan seperti lagu-lagu karya Koes Plus.

Atau yang membidik pasar ‘B’ seperti pada lagu Sungguh ( Ebiet A. Prawira /Riza Rizaldi ), Kenangan Abadi, (Aeman / Ebiet A. Prawira), Mau Enaknya Sendiri, ( Ebiet A. Prawiralagu yang diantar dengan Bahasa musik rap oleh Ebiet) dan lagu Asa ( Riza Rizaldi / Ebiet A. Prawira ) yang terdengar groovy dan jazzy.

Namun Masqa baru menggarapkan video klip untuk lagu Cewek I Love You dan Asa.

“Sejauh ini, lagu Asa kami anggap yang palimg punya tingkat kesulitan, karena progressi chord-nya yang sedikit rumit, dengan perpindahan mayor ke minor dan dinyanyikan oleh dua penyamyi cewek Masqa, Luna dan Mimut, yang menurut saya sejatinya merupakan salah satu karakter musik Masqa,” penjelasan Ebiet.

Lalu, bagaimana dengan target dua perempuan Masqa yang ternyata berprofesi sebagai penyamyi cafe’ dan wedding singer?

“Kami berdua siap mengikuti protap Masqa, harus bermasker dimana pun. saat kami berprofesi sebagai bagian dari penyanyi Masqa, kami memakai topeng yang khas dan artistik.

“Diluar Masqa, kami akan menjadi penyamyi profesional lainnya, kembali membawakan lagu lagu Top 40 atau melayani request penonton kami,” ujar Luna.

Pada jumpa wartawan launching album Persembahan Untuk Cinta, Masqa Band mengundang Oppie Andaresta dan Posan Tobing, ex drummer Kotak untuk memberikan testimony atau pendapatnya tentang materi album Masqa.

“Saya siap membantu distribusi digital Masqa, yang menurut saya materi albumnya cukup beragam membidik segmen musik, bahkan saya akan mempromosikan Masqa ke Malaysia, negara penyerap pasar lagu-lagu pop karya musisi Indonesia, “ kata Posan, pemilik label Aksen Record.

Oppie Andaresta menilai, beberapa lagu Masqa adalah jenis yang disukai oleh publik manusia, karena melodinya enak didengar dan liriknya familiar.

 

 

 

 

Share This: