Masyarakat Antusias Rayakan Pergantian Tahun di Ibukota

Hiburan musik dangdut menghibur masyarakat di kawasan Monas, pada malam Tahun Baru (31/12/2017). - Foto: HW
_

Masyarakat ibukota dan yang datang dari beberapa daerah ke Jakara, sangat antusias merayakan malam pergantian tahun, khususnya di lokasi yang menyediakan hiburan seperti di kawasan Monas, Jakan Thamrin maupun Ancol.

Meskipun Jakarta diguyur hujan deras pada sore hari, tetapi kemudian berhenti menjelang maghrib. Hujan angin juga sempat menumbangkan pohon hingga perjalanan kereta dari Manggarai ke Tanah Abang mengalami gangguan.

Masyarakat mulai berdatangan sejak sore, teritama yang menggunakan kereta KRL commuterline dari luar Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Bahkan beberapa orang yang beruntung mendapat undian berhadiah dalam panggung dangdut yang diadakan oleh sebuah stasiun televisi swasta di Monas, mengaku berasal dari Tangerang, Sukabumi, Madura, bahkan dari Ambon.

Kereta commuterline dari arah Bogor menuju Jakarta sangat pada pada sore hari. Penumpangnya kebanyakan turun di Stasiun Juanda lalu berjalan kaki menuju Monas. Tidak hanya kalangan muda, banyak orangtua dan anak-anak ikut serta.

Saking banyaknya orang yang menuju Monas, jembatan penyeberangan di Jl. Veteran, penuh sesak, sehingga untuk sampai di ujung jembatan memakan wakto 10 menit.

Kawasan Monas dipenuhi oleh manusia di setiap tempat yang bisa dijadikan tempat iistirahat. Umumnya pengunjung berada di sekitar panggung hiburan yang menampilkan musik dangdut.

Panggung hiburan diisi oleh Raja Dangdut Rhoma Irama dengan grup Sonetanya, dan beberpa penyanyi dangdut dari D’Academy Indosiar. Acara itu disiarkan langsung oleh stasiun tivi Indosiar.

Namun tidak semua yang datang ke Monas ikut menikmati hiburan dangdut, karna banyak juga yang hanya duduk-duduk atau tiduran di udara terbuka, terutama keluarga yang membawa anak-anak, menggunakan tikar atau alas lain.

Sampai pukul 20.00 arus pengunjung masih terus berdatangan ke kawasan Monas, terutama dari arah Jalan Thamrin. Umumnya berjalan kaki memasuki kawasan Monas, karena jalan raya di sekeliling Monas, baik Jl. Merdeka Barat, Utara maupun Selatan ditutup untuk kendaraan umum, kecuali bus Transjakarta.

Tidak semua pengunjung Monas dari pintu yang ada. Mereka yang tidak mau berjalan jauh, nekad melompati pagar yang tinggi atau melalui tangga khusi yang disediakan oleh penjual jasa. Cukup banyak yang menggunakan tangga khusus untuk melewati pagar, meski pun ada petugas yang patroli.

Selain di Monas, panggung-panggung hiburan juga ada di Jl. Thamrin, mulai dari seberang Bank Indonesia hingga Bundaran HI. Namun penontonnya tidak sepadat Monas.

Gubernur DKI Anies Baswedan sempat menyapa masyarakat dari penggung hiburan yang ada di Bundaran HI. Setelah itu Anies ke Monas dan sempat bernyanyi bersama Rhoma Irama.

Antusiasme masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun juga karena kemudahan transportasi. PT. KAI mengoperasikan kereta commuterline dari Jakarta ke Bogor hingga pukul 02.00 dinihari.

Share This: