Mengenal Sobat Budaya, BFI, dan IATB

balai-kita-photo-kode-kode-nusantara
_

Dalam pra peluncuran Buku Kode-Kode Nusantara dihadir oleh Sobat budaya, Bandung Fe Institute dan IATB Institut Teknologi Bandung.

“Mari bergotong royong melestarikan budaya tradisi melalui Gerakan Sejuta Budaya GSDB bersama @sobatbudaya mrncintai Indonesia, menginspirasi Dunia!”

Sobat budaya merupakan komunitas pemuda yang berupaya melestarikan budaya tradisional Indonesia melalui gerakan sejuta data budaya (GSDB). GSDB adalah suatu upaya gotong royong untuk membangun perpustakaan digital budaya Indonesia (PDBI) dengan alamat situs http://www.budaya-indonesia.org. Gerakan yang berawal dari Kota Bandung, diluncurkan pertama kali di Istana Negara tanggal 13 Desember 2011 yang hingga saat kini telah berkembang dan merambah di beberapa daerah di Indonesia. Sekarang tercatat 43 Sobat Budaya di daerah-daerah yang dibentuk secara partisipatif oleh para pemuda di daerah tersebut. Guna memberikan payung hukum atas komunitas-komunitas tersebut, maka sejak 7 Juli 2014, telah berdiri Yayasan Sobat Budaya.

Dalam pra peluncuran buku kode-kode nusantara ada juga Bandung Fe Institute (BFI) merupakan sebuah lembaga riset kompleksitas di Indonesia. Didirikan pada tanggal 20 Oktober 2002 di Bandung, Jawa Barat. Digagas oleh para pemuda yang terdorong untuk meneliti bidang ilmu sosial interdisipliner tanpa bergantung pada kategorisasi frigiditas ilmiah. Aktivitas yang dilakukan oleh BFI adalah upaya revolusi ilmiah dan pergeseran paradigma ilmu di tanah air yang saat ini telah menjadi simbol kekakuan. BFI merupakan lembaga penelitian yang memberikan ruang interdisipliner yang berupaya menajamkan cara pandang dan pengambilan keputusan, hingga kebijakan publik, melalui sains dan teknologi.

Lalu, ada IATB Institut Teknologi Bandung sebagai sebuah Institusi Pendidikan terkemuka di Indonesia bahkan di Asia, senantiasa menjadi sorotan dan acuan oleh institusi pendidikan lain di Indonesia. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh ITB termasuk di dalamnya kegiatan para alumninya sering kali menjadi pioner dan referensi, sehingga menjadi inspirasi bagi munculnya kegitan lain di Indonesia.

Alumni ITB saat ini sering kali pula menjadi motor pembangunan Bangsa dan Negara Indonesia dan sebagai pendukung nyata tercapainya ITB sebagai universitas riset berkelas dunia yang disegani, sehingga keadaan ini menuntut adanya sebuah lembaga yang khusus menjembatani kegiatan para alumni dengan almamaternya. Hal inilah yang mendasari dibentuknya sebuah lembaga yang menangani tentang kealumnian ITB.

Share This: