Mengenal Pakar Anak Autis Dr. Imaculata Umiyati S.Pd., M.Si,

_

Sebagai Pakar Pendidikan Anak Autis, sosok Dr. Imaculata Umiyati S.Pd., M.Si, sudah tidak asing lagi. Selama hampir 30 tahun ia berkecimpung dalam dunia pendidikan anak-anak autis dengan mendirikan sebuah Yayasan Imaculata Autism Boarding School.

Wanita kelahiran Temanggung 1 Mei 1967 yang akrab disapa dengan bunda Ima ini mengawali misinya menjadikan anak autis sebagai sosok yang mandiri dan tidak terlantar tanpa donator dari pihak manapun.

Menurutnya mendidik anak autis tidak perlu pendidikan tinggi yang terpenting adalah memahami apa yang sebetulnya dibutuhkan anak penyandang autis.

“Bisa menerima anak itu apa adanya, mencintai tanpa pamrih dan keahlian untuk membaca apa yang sebetulnya dibutuhkan oleh mereka,” ujar Ima di kawasan Kata Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (9/12) di acara Seminar, Pentas Seni & Theatrikal anak-anak autis.

Pertama kali terjun kedunia pendidikan Ima mengawalinya sebagai guru di sekolah umum tahun 1987, namun ia semakin jatuh cinta dengan pekerjaannya sebagai guru anak-anak autis akhirnya mendirikan sebuah Yayasan Imaculata Autism Boarding School yang didirikan mulai tahun 2000.

Berawal sebagai tempat terapi dengan rumah yang hanya bisa menampung sekitar 20 orang anak dan ruangan yang hanya berjumlah 4 ruangan berukuran kecil. Dari situlah ia mendirikan sekolah sekaligus asrama bagi anak-anak penyandang autis.

Wanita berkarakter tegas, disiplin dan mandiri ini merupakan sosok yang memang sangat serius dalam mengeterapkan “pola kemandirian” dalam kehidupan sehari-hari pada lingkungan kerjanya. Ima juga mengadakan serangkaian kegiatan seminar dan pentas seni bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini

Di sela kesibukannya tersebut Ima masih menyempatkan diri untuk menulis sebuah novel yang bercerita tentang pengalaman pribadinya selama berkecimpung di dunia pendidikan bagi anak-anak autis dan cara mendidik anak-anak autis dengan berbagai macam karakter.

Juga, dengan caranya itu telah berhasil merogoh jiwa anak-anak autis dari dunia “gelapnya” menuju dunia fakta dan berakhir dengan sebuah pencapaian menjadi anak mandiri dan berperilaku normal.

Novel True Story-nya berjudul Indahnya Bersama Mereka itu, juga akan segera diangkat ke layar lebar oleh salah seorang produser ternama di Indonesia. (Yulia Dewi)

 

 

Share This: