Menyimak Ramalan Mode Tahun 2019 – 2020

_

Abad ke-21 ini adalah era di mana mesin telah mendominasi kehidupan. apa eksistensi manusia akan terhapus oleh mesin, atau justru keberadaan mesin dapat memperbaiki eksistensi manusia?

Paradoks besar itu kemudian melahirkan inspirasi para perancang mode sesuai dengan intepretasi mereka. Ada empat tema rancangan yang dihasilkan, sesuai bagaimana manusia menyikapi situasi itu. Ada yg khawatir, berjaga, pasrah, atau memanfaatkan teknologinya. Gabungan tema itu disebut singularity. 

Guna membantu para perancang untuk mengantisipasi tren mode tahun 2019 / 2020 yang terkait dengan keempat tema yang dihasilkan, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan sebuah portal bernama trenforecasting.id.

Peluncuran berlangsung di bioskop CGV Blitz, Grand Indonesi Jakarta, Kami (27/9/2019) oleh Kepala Bekraf, Triawan Munaf. Acara juga dimeriahkan dengan peragaan busana sesuai dengan tema.

Portal hasil riset trend forecasting yang akan memuat arahan trend dari empat subsektor ekonomi kreatif yaitu desain interior, desain produk, kriya (tekstil) dan fashion. 

Isi website ini selain bisa digunakan oleh para pelaku industri mode untuk melahirkan rancangan-rancangan yang sesuai dengan tren mode tahun 2019/2020, juga bisa dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa yang menekuni bidang fashion.

 

.

 

Share This: