Meriem Bellina Kepincut Muna

Meriem Bellina (Foto:HW)
_

Kabupaten Muna di Sulawesi Tenggara memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan beberapa daerah di Indonesia yang sudah menjadi destinasi wisata. Lokasi yang berpotensi menjadi destinasi wisata di Muna antara lain Pantai Towea yang terletak di sebelah utara Pulau Towea, Kecamatan Napabale di kenal dengan Bunging Pinungan (Pasir Putih). Objek wisata terpadu ini menyatu antara daratan dan laut. Apitan selat tiworo, Selat Buton dan Laut Banda, memperkaya khasanah pencinta traveling.

Tempat lainnya adalah Goa Liang Kabhori, memiliki ciri khas pada dinding dengan aneka tulis tesusun rapi. Berdasarkan hasil penelitian, goresan gambar dan tulisan diperkirakan sebelum zaman pra sejarah, 4 ribu tahun silam.

Goa yang terletak di Kecamatan Lohia, sempat masuk dalam situs nasional, dan kini Pemerintah Daerah (Pemda) Muna kembali menfokuskan sebagai wisata budaya yang ada di Desa Liang Kabhori.

Berikutnya adalah Danau Napabhale yang terletak di Desa Lohia Kecamatan Lohia, merupakan danau terunik. selain rasa airnya sangat asin, objek wisata ini juga terhubung langsung dengan Selat Buton. Jika dipandang sekilas, Danau tersebut mirip pantai Raja Ampat, yang dipenuhi bebatuan karang disekitar danau.

Pantai Meleura, yang juga terletak di Desa Lakarinta Kecamatan Lohia tak kalah indahnya. Pantai tersebut memiliki keindahan hamparan bebatuan cadas, sehingga mudah dikembangkan untuk ditata sebagai pusat destinasi yang dapat menarik minat Wisatawan domestik dan Mancanegara.

“Saya sepuluh hari di Muna. Semua tempat yang saya kunjungi mempesona. Saya ingin kembali lagi melihat Muna,” puji artis senior Meriem Bellina yang hadir di acara Halal Bihalal masyarakat Muna, di Anjungan Sulawesi Tenggara, TMII, Minggu (23/7/2017).

Menurut Mer, kedatangannya ke Muna adalah untuk pengambilan gambar film Jembatan Pencil yang dibintanginya bersama Kevin Julio dan beberapa pemain cilik asal Kabupaten Muna.

Meriem Bellina menuturkan, selama ini dirimya sering mengikuti syuting di berbagai daerah di tanah air, dan keindahan Muna membuatnya begitu kagum. Pantai-pantai yang biru kehijauan, pasir putih dan pulau-pulau kecil yang hampir mirip gugusan pulau di Raja Ampat, Papua Barat, membuatnya bersyukur bisa terlibat dalam film karya sutradara Hasto Broto ini.

‘Jadwal kita sangat padat ketika syuting di Muna, tapi saya masih bisa bermain-main menikmati keindahan alam di sana,” katanya.

Senada dengan Meriem Bellina, aktor muda Kevin Julio juga mengaku terpukau dengan keindahan Kabupaten Muna. Dan salah satu pertimbangannya mau terlibat dalam film Jembatan Pencil adalah karena keindahan alam Kabupaten Muna.

“Ketika dikasih tahu bahwa Muna itu indah banget, saya setuju untuk main,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Muna, H Dahlan Kalega mengatakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), pemerintah Kabupaten Muna menjadikan pariwisata sebagai ikon utama. Pembuatan film Jembatan Pencil adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan Muna.

“Kalau Wakatobi sudah ditetapkan sebagai Bali baru, Muna akan menjadi Bali berikutnya. Karena itu, untuk mendukung pariwisata, pembangunan infrastruktur pendukung akan kami tingkatkan,” katanya.

Dalam acara halal bihalal yang dihadiri oleh tokoh tokoh masyarakat Muna, diputar pula trailer film Jembatan Pencil yang akan main di bioskop, Agustus 2017 mendatang.

Share This: