Mira Arismunandar, Djaduk Ferianto, Musium Musik dan ASIRI Terima Penghargaan Dari Perpusnas.

_

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memberikan penghargaan kepada 2 (dua) seniman dan 2 lembaga, atas jasa-jasa mereka terhadap kesenian dan kepustakaan.

Anugerah Pustaka Nusantara 2019 diberikan kepada seniman musik asal Yogyakarta Djaduk Ferianto, dan penari Mira Mariana Arismunandar dan Anugerah Mitra Perpustakaan diberikan kepada Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) dan Musium Musik Malang.

Pemberian penghargaan berlangsung di Auditorim Sukarman (Teater Utama), Gedung Perpustakaan Nasional, Jl. Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (17/7/2019) siang.

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Informasi Ovi Sofiana mengatakan hasil dari Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam merupakan koleksi nasional yang wajib disimpan dan dilestarikan oleh Perpusnas.

Salah satu amanah Perpusnas memfasilitasi masyarakat sebagai pembelajar sepanjang hayat.

“Penghargaan diberikan kepada individu maupun lembaga non pemerintah yang secara intens melengkapi file musiknya,” kata Ovi.

Usai penyerahan penghargaan diadakan talkshow dengan pembicara Wakil Kepala Perpusnas Ovie Sofiana, Djaduk Ferianto, Mira Arismunandar, Perwakilan dari ASIRI dan Pendiri Musium Musik Malang, Hengky Herwanto.

Dalam kesempatan tersebut Djaduk mengelak dirinya disebut maestro. Menurutnya, sebagai pemusik tugasnya adalah mendidik generasi muda Indonesia yang menjadikan musik sebagai suatu ide.

“Intinya adalah memberi hak penuh kepada generasi muda untuk menafsir penuh produk-produk masa lalu dengan pendekatan masa kini. Perpustakaan Nasional memiliki data-data untuk menafsirkan itu. Celakanya kita tidak siap menerima apa yang ditafsirkan anak muda,” kata Djaduk.

Mira Arismunandar merasa sangat berterima kasih kepada ayahnya yang telah memberikan kesempatan untuk mengenal dunia tari, hingga ia sempat pula menjadi penari istana di masa Orde Baru.

“Ternyata sampai saat ini masih ada yang mengenal saya dan menghargai apa yang saya lakukan,” kata Mira yang kini menurunkan kemampuannya menari kepada generasi muda.

Share This: