Majelis Kehormatan MK, Koordinasi dengan KPK Bahas Masalah Patrialis

_

Guna melakukan koordinasi masalah terkait permohonan Uji Materil Perkara di MK dengan tersangka Patrialis Akbar (PAK), Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) telah mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif mengungkapkan bahwa pihak KPK telah menerima tamu dari Ketua MKMK dan Anggotan MKMK terkait kasus yang membelit mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), PAK.

Ketua MKMK, Sukma menjelaskan bahwa pihaknya mendatangi KPK guna melakukan koordinasi untuk melengkapi bukti bukti bagi MKMK terkait dugaan pelanggaran berat yang dilakukan oleh PA dalam permohonan Uji Materil Perkara di MK.

“Kami melakukam koordinasi, hal ini dilakukan sebelum kami membuat putusan akhir dalam perkara dugaan pelanggaran berat yang dilakukan oleh hakim terduga. Koordinasi ini sangat baik sekali dan membantu kami akhirnya menyelesaikan kasus ini,” ungkapnya di Gedung KPK, Jakarta, Senin (13/2/2017).

La Ode menjelaskan, dari hasil koordinasi pihaknya mendapat banyak masukan dan informasi signifikan untuk dijadikan bahan dalam menentukan status PA selanjutnya. Dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera mengumumkan hasil pemeriksaan etik pada Patrialis.

“Dalam waktu dekat kami upayakan ada keputusan dan segera disampaikan ke publik. Soal‎ siapa saja saksi yang kami periksa, belum bisa disampaikan disini,” bebernya.

Laode menambahkan,  kasus yang dikerjakan oleh mahkamah kehormatan terkait kasus ini dititik fokuskan kepada kode etik saja.

“Misalnya kesaksian hari ini diminta karena penyidik menganggap perlu keterangan dari hakim MK yang diperiksa tadi. Tetapi apakah itu ada hubungannya dengan majelis kehormatan itu tidak dihubungkan karena beliau beliau fokus pada etiknya saja,” tegasnya.

Share This: