Obyek Wisata di Jakarta Ramai Saat Lebaran

_

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, bukan saja momen untuk saling memaafkan, tetapi juga untuk mendapatkan kegembiraan. Tidak heran, di saat Lebaran.

Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta. (Foto: HaW)

Di Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol, Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah dan beberapa obyek wisata lainnya, menjadi tempat favorit masyarakat untuk dikunjungi, sekaligus memanfaatkan waktu libur Lebaran.

Pada hari kedua Lebaran ini, Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan ramai dikunjungi wisatawan. Pada Senin, (26/6/2017) ini, belasan ribu wisatawan memadati kebun binatang Ragunan. Bahkan
sejak pukul 06.00 WIB pengunjung sudah berdatangan. Makin siang pengunjung makin padat.

Sebagaimana dimutip Tribunnewa.com, Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, memprediksi pengunjung ke Ragunan hari ini bisa di atas 100.000 orang.

Menurut data Ragunan pengunjung tahun lalu, tercatat lebih dari 800.000 pengunjung selama Lebaran dengan total waktu liburan 12 hari. Sementara itu tahun ini 8 hari.

Obyek wisata pantai Taman Impian Jaya Ancol juga tak kalah ramai. Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan,
Ancol ramai dikunjungi oleh warga masyarakat. Bahkan pada liburan kali ini pihaknya menargetkan Ancol dikunjungi 180 ribu pengunjung.

Obyek wisata budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tetap memiliki daya tarik bagi masyarakat, Obyek wisata yang terletak di Jakarta Timur cukup ramai selama lebaran ini.

Museum Fatahillah yang terletak di Kota Tua Jakarta tak luput dari incaran masyarakat di musim libur ini. Sejak pagi hingga sore, panatauan balaikita, bekas kantor pemerintahan Hindia Belanda yang kini dijadikan musium itu nampak ramai. Bahkan sampai matahari tenggelam, dan lampu-lampu di halaman musium dinyalakan, masih banyak yang bertahan.

Keramaian saat lebaran juga menjadi berkah bagi para pencari rejeki di kawasan Musium Fatahillah. Mulai dari pedagang kaki lima, penyewa sepeda, orang-orang yang menirukan patung, tentara Belanda atau tokoh perwayangan, ramai didatangi pengunjung.

Ichsan pemilik delman asal Kemanggisan Jakarta Barat yang mangkal di Kota Tua, mengakunikut kecipratan rejeki di hari lebaran ini.

“Yah lumayanlah, gopek sih bawa pulang setiap hari selama lebaran ini,” kata Ichsan yang dulu beroperasi di kawasan Monas.

Tidak hanya di halaman Museum Fatahillah, ada juga sebagian wisatawan yang datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Di pelabuhan kapal kayu itu saat lebaran tidak ada aktivitas. Banyak perahu yang tertambat dengan muatan siap diangkut. Beberapa awak kapal nampak hanya duduk-duduk di kapal.

Di Pelabuhan Sunda Kelapa, wisatawan umumnya melakukan swafoto dengan latar belakang kapal-kapal kayu. Atau bila ingin berkeliling pelabuhan, bisa menyewa perahu.

RPTRA Kalijodo yang dibangun untuk warga bersantai oleh Pemda DKI, ternyata juga menarik minat masyarakat untuk mendatanginya. Biaya murah dan rasa penasaran adalah alasan masyarakat untuk datang ke tempat yang dulu merupakan lokalisasi itu.

Berbeda dengan di Jakarta, hingaa Senin (26/6/2017), sejumlah obyek wisata pantai di kawasan Gunung Kidul FIY, belum ramai pengunjung .
Obyek wisata pantai di Bumi Handayani belum mengalami peningkatan pengunjung yang luar biasa. Dinas Pariwisata mencatat jumlah pengunjung objek wisata pantai belum mengalami lonjakan. Hal itu juga terjadi di Pantai Baron dan beberapa tempat lainnya.

Share This: