Pafindo dan Kemenpora Akan Populerkan Pencak Silat

_

Pencak silat merupakan olahraga beladiri asli Indonesia yang banyak memiliki aliran di seluruh tanah air. Pencak silat juga telah mengharumkan nama Indonesia dalam Asian Games 2018 yang baru lalu di Jakarta.

Ketum Pafindo RM Bagiono (kiri) dan Mempora Imam Nahcrowi ketika bertemu di kantor Menpora, Senin (17/9/2017)

Pencak silat berhasil menjadi cabang olahraga yang paling banyak meraih emas, dengan 14 medali emas sehingga total perolehan medali Indonesia dalam Asian Games mencapai 31 buah.

Ironisnya, pencak silat belum menjadi olahraga yang digemari oleh masyarakat luas, terutama generasi muda. Melihat fenomena itu Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berniat mensosialisasikan pencak silat melalui pendekatan populer, agar disukai masyarakat.

Menpora Imam Nachrowi menyampaikan hal itu ketika menerima Pengurus Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo), Senin (17/9/2018) siang.

“Kami memang memerlukan partner untuk mensosialisasikan berbagai cabang olahraga di tanah air, khususnya pencak silat. Kita tahu dalam Asian Games kemarin, pencak silat telah membuat kita semua bangga. Kami bersyukur dengan kedatangan Pafindo, semoga kita bisa bersama-sama mempopulerkan pencak silat,” kata Menpora.

Pengurus Pafindo yang dipimpin oleh Ketua Umum RM Bagiono SH, MBA dengan beberpa pengurus terdiri dari Rensi Milano, Rony Dozer, Robby Bo, Irfan Wijaya, Kusumo Priyono dan Gerry Iskak. Selain itu turut serta produser film Amanda Dewi.

Ketua Umum Pafindo RM Bagiono (Gion) mengaku senang dengan sambutan Menpora. Terlebih lagi Menpora bisa menerima gagasan yang disampaikan Padindo, terutama terhadap konsep pembangunan karakter (character building).

“Kedatangan kami ke Kemenpora sebenarnya ingin bersilaturahmi sekaligus menyampaikan apresiasi atas keberhasilan dalam Asian Games. Tadi kami sepakat untuk menjalankan program membangun karakter bangsa, khususnya di kalangan remaja dan anak muda,” papar Gion.

Gion menambahkan, pihaknya bersama Kemenpora akan menyasar Karang Taruna untuk menjalankan konsep pembangunan karakter. Menpora juga meminta agar Pafindo bisa membuat film-film pendek yang bisa menggali potensi pemuda di Indonesia.

“Kita juga akan mensosialisasikan pencak silat agar menjadi cabang olahraga beladiri yang digemari oleh masyarakat. Kita akan buat tagline agar mudah diingat masyarakat,” kata Gion.

Bendahara Umum Pafindo Rensi Milano menambahkan, penggalian potensi yang akan dilakukan Pafindo juga bertujuan untuk mencari bakat-bakat atlit sekaligus calon aktor dan aktris.

“Kita butuh juga pesilat-pesilat yang nanti bisa muncul di film,” kata Rensi.

 

 

Share This: