Pameran dan Peluncuran Buku Foto Antara

Pengunjung melihat-lihat karya foto Jurnalistik Kantor Berita Antara, di Kantor Antara Pasar Baru Jakarta, Jum'at (17/2) malam. (Foto: dudut suhendra putra)
_

Divisi pemberitaan foto Kantor Berita Antara bekerja sama dengan Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) menyelenggarakan pameran foto sekaligus meluncurkan buku Kilas Balik 2016 yang berisi foto-foto jurnalistik karya wartawan Antara selama tahun 2016. Sedangkan pameran berlangsung di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta, sejak 17 Februari – 18 Maret 2017. Pameran dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara, Jum’at (17/2) malam.

Foto-foto yang dipamerkan merupakan isi dari buku Kilas Balik 2016. Total karya yang terdapat dalam buku ada 80 buah foto, yang dibuat dalam rentang waktu Januari hingga Desember 2016, ditambah dengan empat foto prodduksi 17 Januari 2017. Jumlah foto tersebut disesuaikan dengan usia Kantor Berita Antara yang pada tahun 2017 genap berusia sepuluh windu.

Praktek intoleransi yang terjadi di Indonesia menjadi fokus utama dalam Kilas Balik 2016, selain isu korupsi dan penegakan hukum, bencana, ekonomi, olahraga dan sosial budaya.

“Divisi Pemberitaan Foto Antara tetap menjaga kerja jurnalistiknya, tidak terperangkap di dalam dinamika politik mutakhir. Kami tetap menyajikan rekaman peristiwa penting lainnya seperti isu korupsi dan bencana alam,” kata Kepala Divisi Pemberitaan Foto Antara, Hermanus Priatna.

Kurator Pameran Oscar Motuloh mengatakan, Kilas Balik  adalah suatu barometer tahunan yang dikeluarkan oleh Antara Foto, yang keberadaannya akan terus berlanjut sebagai wadah evaluasi bagi pewarta foto Antara dan publik.

“Setiap tahun tema bisa berubah. Kilas Balik 2016 melihat bagaimana praktek intoleransi dapat mengancam kebhinekaan bangsa, sementara penegakan hukum masih menjadi sorotan untuk diselesaikan,” kata Oscar.

Pameran Kilas Balik 2016 terbuka untuk umum. Sebagai rangkaian kegiatan, akan diadakan dua temu wicara. Yang pertama tanggal 4 Maret 2017 bertema Mengupas Jurnalisme Hoax dan kedua pada 18 Maret 2017 yang mengangkat tema Di Balik Kilas Balik 2016. Selain itu akan diadakan Antara Goes to Campus, ke sejumlah kampus di Jabodetabek.

Share This: