Parfi “Kuningan” dan “Bogor” Lakukan Rekonsiliasi

_

Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) yang selama ini terpecah ke dalam dua kubu, masing-masing yang dipimpin oleh Ketua Umum Febryan Aditya (Kuningan) dan Parfi yang dikomandoi oleh Pj. Ketua Umum Parfi Soultan Saladin (Bogor), akhir melakukan rekonsiliasi.

Kamis (5/9/2019) siang, Kedua nakhoda Parfi yang sama-sama memiliki pengikut di belakangnya itu, melakukan pertemuan dan menandatangani kesepatakan untuk mengakhiri perbedaan. Pertemuan dilakukan di rumah miliki anggota Parfi, Ayu B.N di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. 

Hadir dalam pertemuan itu anggota Parfi / pengikut kedua kubu, yakni: Romo Harie, Syahri Ramadhani AR.T, Clara Shinta, Dee Desty Jamal, Sandra Naholo, Ronald Reinaldo, Dr. Drs. Yuskan Nur, Bambang Oeban dan Yose Rizal Manua.

Juga ikut hadir Dilly Martin, Teddy Pranggi, H. Diyen, Ustaz Rizal, Yusar Navaros, El Manik, Masyakur Chaniago dan Debby Rhoma Irama.

Pertemuan itu akhirnya melahirkan 9 (Sembilan) kesepakatan yang ditandatangani oleh Soultan Saladin (Pihak I) dan Febryan Aditya (Pihak II) dengan saksi-saksi terdiri dari: Yos Santo, Dr. Kun Nurachdijat, M.B.A. dan Ronald Reinaldo.

Kesepakatan itu intinya menyatakan, parapihak sepakat untuk kembali membenahi organisasi; perbedaan adalah suatu rahmat; menghindari perpecahan dan saling membantu; akan melakukan pertimbangan penuh atas masukan dari tokoh-tokoh perfilman;  sepakat mengkahiri dualisme dan merujuk pada hasil Kongres XV di Mataram NTB.

Point lainnya: kedua belah pihak sepakat untuk membentuk Presidium yang akan menunjuk caretaker sebagai penanggungjawab sementara roda organisasi, hingga Kongres Luar Biasa terselenggara dan terpilihnya Ketua Umum PB Parfi yang definitive. 

Kemudian, kedua belah pihak sepakat apa yang tertulis dalam kesepatakan ini dapat dipertanggungjawabkan secara hukum; dan terakhir parapihak sepakat menyatakan tidak ada pihak lain yang berhak mengatasnamakan Parfi.

“Kesepakatan ini merupakan hasil dari pertemuan-pertemuan informal yang kita adakan beberapakali di Sentul. Kita sama-sama berpikir sudahlah kita lupakan saja perbedaan, kita bersatu untuk masa depan Parfi yang lebih baik. Hasil ini nanti akan kita bawa ke Kemenkumham, agar dikeluarkan akte Parfi yang sudah lama tertahan,” kata aktor Soultan Saladin melalui telepon, Kamis (5/9) malam.

 

 

Share This: