Pariwisata Sulut Meningkat 1000 Persen.

_

Pariwisata di Sulawesi Utara saat ini terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dalam beberapa tahun ini peningkatannya mencapai 1000 persen atau meningkat sepuluh kali lipat dibandingkan 4 – 5 tahun sebelumnya.

“Rata-rata tiap hari ada 600 turis asing yang masuk ke Sulawesi Utara melalui Manado. Jika wisatawan domestik, jangan ditanya datanya; jutaan tiap tahun,” kata Gubernur Sulawesi Utara Olly Dodokambey, ketika memberi sambutan dalam acara Nominasi Film Indonesia 2017 di Ball Room Rafles Hotel Jakarta, Kamis (5/10/2017) malam.

Pelaksanaan malam puncak FFI 2017 di Manado, 11 November mendatang, menurut Olly, diharapkan akan membuat Manado, atau Sulawesi Utara makin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Jika terlaksana, perayaan malam puncak FFI 2017 di Manado merupakan perhelatan film nasional kedua yang diadakan di kota itu. Sebelumnya, tahun 2015, Manado menjadi tuan rumah Apresiasi Film Indonesia (AFI).

Kemudahan Bagi Film Nasional.

Gubernur Sulut menuturkan, perhatian masyarakat film terhadap Sulawesi Utara juga terus meningkat. Tahun 2017 ini saja ada tiga film nasional yang melakukan syuting di Sulut, yakni Film Senjakala di Manado, Tom and Jerry dan Hujan di Bulan Juni.

“Mungkin karena film Hujan di Bulan Juni itu yang menyebabkan banjir di Manado,” ujarnya berkelakar.

Selain tiga film nasional, dua judul film dari Korea Selatan juga melakukan pengambilan gambar di Sulut. Untuk membantu perfilman nasional Pemprov Sulut sudah meminta kepada seluruh Pemerintah Kota dan Kabupaten di Sulut untuk membantu film nasional.

“Kami akan dorong Pemkot dan Kabupaten, kalau ada yang bikin film di Sulut pajaknya nol persen. Kita berikan kemudahan membuat film di Manado,” kata Olly.

Sulawesi Utara memiliki beberapa destinasi wisata yang sudah dikenal dunia. Antara lain Taman Laut Bunaken, Festival Bunga di Tomohon, Taman Margasatwa Tangkoko. Sulawesi Utara juga memiliki banyak makanan khas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Ini sangat menantang buat petualang kuliner.

Share This: