Patrialis Akbar Siap Hadapi Sidang

_

Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi, Patrialis Akbar menyatakan  siap menjalani sidang kasus yang dialaminya. Patrialis juga brrjanji membuka fakta terkait suap tersebut dalam persidangan nanti.

Sebelumnya, KPK telah melimpahkan berkas perkara Patrialis ke tahap dua atau jaksa penuntut umum. Setidaknya, jaksa penuntut memiliki waktu 14 hari untuk menyusun surat dakwaan sebelum dilimpahkan ke pengadilan.

“Tentu harus siap, itu yang paling penting,” ungkapnya usai meninggalkan Gedung KPK, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Patrualis menegaskan akan mempersiapkan diri dengan baik, sambil menunggu dakwaan yang saat ini tengah disusun oleh Jaksa Penuntut Umum KPK.

“Mudah-mudahan minggu depan dilimpahkan kita serahkan semuanya kepada JPU, tinggal nanti kita sama-sana menghadapi di pengadilan secara bersama-sama sebaik mungkin. Tentu saya mempersiapkan diri sepenuh hati sesuai dengan fakta-fakta yang saya miliki,” terangnya.

Patrialis sendiri ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima suap  dalam putusan perkara Nomor 129/PU-XIII/2015 tentang sistem Zonasi dalam Pemasukan (impor) Hewan Ternak dalam objek permohonan Judicial Review UU Nomor 18 tahun 2009, sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan terhadap UUD 1945.

Dalam kasus ini Patrialis disangkakan menerima suap dari tersangka Basuki Hariman (BHR) bos pemilik 20 perusahaan impor daging dan Sekertarisnya NG Fenny (NGF).

Oleh Basuki, Patrialis dijanjikan uang sebesar USD 20ribu dan 200 ribu dollar Singapura terkait pembahasan uji materi UU Nomor 41 tahun 2014.

 

Share This: