Pekan Kerajinan Jawa Barat 2017 di Jakarta

_

Indonesia memiliki bermacam-macam kebudayaan dengan ciri khas masing-masing di setiap daerah.  Salah satunya adalah berbagai produk kerajinan daerah seperti batik, gerabah, anyaman dan lainnya yang mempunyai ciri khas di setiap daerah masing-masing. 

Hal inilah yang mendorong Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jawa Barat,  menggelar acara Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB).

Kegiatan yang diadakan setiap dua tahun sekali itu untuk memperkenalkan produk kerajinan yang diunggulkan di Jawa Barat. Menginjak tahun ke 12, PKJB kali ini diadakan di Jakarta.  Sebelumnya selalu di selenggarakan di Bandung.

“Ajang pameran produk kerajinan dua tahunan ini sengaja diselenggarakan di ibukota, dengan harapan produk lokal dapat lebih dikenal oleh masyarakat,” kata Ida Hernida, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat menjelaskan,  acara pembukaan PKJB 2017 di Jakarta (16/11/2017), 

Jawa Barat yang terdiri dari 9 kota dan 18 kabupaten, memiliki banyak produk kerajinan yang dapat diunggulkan tidak hanya di Tanah Air tetapi juga di kancah dunia.

“Masing-masing kota di Jawa Barat mempunyai produk-produk unggulan yang bukan hanya satu jenis, misalnya bicara kerang yang ada di pesisir yang selama ini kalau kita bicara mengenai hal tersebut selalu berasal dari Cirebon. Ternyata di kota Bekasi ada juga pengrajin kerang. Kulit juga tidak hanya berasal dari Garut, tetapi dari Bandung juga ada yang Bagus,” ungkap Hendra Gunawan, Ketua Panitia PKJB 2017.

Pada penyelenggaraan tahun ini ada 30 booth pameran yang diisi oleh para pengrajin atau UMKM yang berasal dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Mengangkat tema “Kriya Tanah Legenda”, para pengunjung dapat menikmati kisah legenda melalui seni kriya yang diciptakan dengan keterampilan tingkat tinggi oleh pengrajinnya. Dalam setiap produk yang di pamerkan juga mengandung ekspresi seni akan cinta budaya dari para pembuatnya.

“Setiap kota atau kabupaten di Jawa Barat memiliki kisah legenda yang berbeda-beda, karena itu produk kerajinan yang dihasilkan mempunyai daya tarik dan keunikan masing-masing, yang berpotensi untuk lebih diapreasi lagi tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia Internasional. Melalui acara Pekan Kerajinan Jawa Barat ini kami ingin produk-produk kerajinan unggulan bisa dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat.” ujar Hendra.

Menempati Main Atrium Lotte Shopping Avenue, acara yang berlangsung selama empat hari pada tanggal 16-19 November 2019 menampilkan beberapa produk tekstil seperti kain batik dan tenun yang diaplikasikan dalam bentuk pakaian serta produk fashion lainnya.

Ada jugaaksesoris yang terbuat dari logam, kerang dan batu-batuan dan beragam produk kerajinan dari kulit, anyaman rotan dan bamboo yang berkualitas. Tak lupa ditampilkan gerabah dan keramik dalam bentuk piranti saji dan bermacam aneka produk lainnya dalam beragam design yang menarik perhatian pengunjung.

Selain memperkenalkan produk lokal yang merupakan bagian dari melestarikan nilai-nilai seni budaya bangsa dan bentuk penghargaan terhadap kekayaan Nusantara.

Acara ini juga dapat dipandang sebagai bagian dari gaya hidup atau lifestyle kaum urban masa kini. Dengan menggunakan produk kerajinan dalam negeri, kita turut mendorong industri kerajinan agar lebih maju dan berkembang serta meningkatkan kesejahteraan para pengrajin di tanah air. (Yulia Dewi)

Share This: