Pembangunan KA Trans Sulawesi Rampung Tahun Depan

Pembangunan rel kereta api Trans Sulawesi. (Foto: Makassartoday.com)
_
Menhub (kiri). Foto oleh Humas Kemenhub

Menteri Perhubungan Budikarya Sumadi berharap, pembangunan kereta api Trans Sulawesi sejauh 30 kilemeter paling lambat tahun depan dapat selesai. Ini dilakukan untuk selanjutnya dapat menarik minat investor untuk mendukung pembangunan kereta api trans Sulawesi ini.

“(Kereta api) Trans Sulawesi tahun ini paling lambat tahun depan 30 kilometer akan kita selesaikan supaya ini langsung digunakan, setelah itu kita akan menarik investor untuk mengembangkan lebih lanjut,” kata Menhub melalui siaran pers yang diterima balaikita, Minggu (19/2/2017).

Pemerintah tahun ini telah menyiapkan anggaran kurang lebih 500 milyar untuk pembangunan kereta api Trans Sulawesi. Menhub menyatakan proyek pembangunan ini akan selesai di 2018.

“Anggaran tahun ini kurang lebih 500 milyar kita akan selesaikan di 2018 kira-kira jadi 1 trilyun,” tambah Budi.

Sebagai informasi, proyek ini digarap bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Barru.

Proyek yang dikerjakan sejak 2015 ini dibangun double track dan tidak sebidang dengan jalan raya. Strategi ini akan meminimalisir kecelakaan kereta akibat adanya persimpangan dengan jalan raya yang dilalui kendaraan bermotor.

Rencananya, kereta api Trans Sulawesi dapat mencapai kecepatan hingga 200 kilometer per jam.

 

Share This: