Pemuda Penggemar Kereta Api

_

Gerakan Muda Penggemar Kereta Api (GM-MarKA), merupakan sebuah gerakan para pemuda yang mencintai tentang Kereta Api. Komunitas ini didirikan pada 21 Agustus 2006.

“Untuk mengembangkan kecintaan dan kegemaran terhadap perkeretaapian, baik Indonesia maupun Internasional.” Ungkap Gilang selaku ketua GM-Marka. GM-marKA secara official tidak ada, karena kembali ke nama GM-MarKA itu sendiri, maka lebih ke arah gerakan.

Komunitas pecinta kereta ini memiliki kepengurusan (unit). Dari kepengurusan tersebut telah memiliki agenda baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan

Unit RED (Railway Enthusiast Digest) Portal berita online yang utamanya membahas tentang kereta api, tetapi juga membahas mengenai transportasi umum lainnya, traveling, dan kuliner. Agenda harian: menerbitkan berita di www.re-digest.web.id. Unit JRFCI (Japan Railways Fans Club Indonesia) = Grup diskusi yg membahas perkeretaapian Jepang. Agenda harian: diskusi melalui media online (grup facebook, whatsapp). Agenda bulanan: gathering JRFCI. Unit FOBI (Forum Open BVE Indonesia) = Grup para pengembang dan pengguna simulasi kereta api OpenBVE. Berbagai karya berupa kereta api dan jalur untuk game simulasi OpenBVE diperlihatkan dan dibagikan di grup facebook Forum Open BVE Indonesia. Agenda bulanan : gathering FOBI. Unit Rail Creative Indonesia (RCI) = Grup facebook yang menampung ide-ide kreatif para penggemar kereta api, berupa editing gambar, membuat konsep baru seputar kereta api, dll. Unit Sensus KA-KRL Indonesia = Perkumpulan penggemar kereta api yang memfokuskan diri dalam mencatat nomor kereta api yang melintas di suatu stasiun, termasuk mendata perjalanan kereta api di lintas tertentu. Biasanya kegiatan “mensensus” dilakukan setiap sabtu dan minggu, meskipun ada juga yang melakukannya di hari kerja. Sensus KA-KRL ID memiliki grup Whatsapp sendiri.

GM-MarKA terbuka untuk umum jadi Siapa saja boleh join setiap event yang diadakan. Meskipun begitu GM-MarKA tetap punya pengurus, dan apabila membutuhkan pengurus baru maka akan dibuka rekrutmen.

Share This: