Pencoblosan Pilkada DKI Hari ini Berjalan Lancar

_

Pemilukada Putaran kedua DKI Jakarta secara umum berjalan lancar, walau ada insiden kecil terjadi di beberapa TPS seperti di Petamburan. Tetapi sampai penghitungan suara, situasi di Jakarta aman dan tertib. Ini sesuai dengan harpan banyak pihak.

Selain itu petugas keamanan dari kepolisian atau TNI yang berjaga di hampir semua TPS ikut membantu suasana menjadi kondusif. Hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya isyu akan ada massa yang datang untuk mengawasi pemungutan suara, tidak terbukti.

Calon Gubernur Nomor urut 3 Anies Rasyid Baswedan, berharap proses pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Putaran kedua ini dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah kita sudah laksanakan dengan baik dan saya harap di semua TPS berjalan lancar. Ada suasana bersih, jujur, adil dan kita ingin agar prosesnya terasa sejuk bagi warga Jakarta,” ungkap Anies usai mencoblos di TPS 28, Jalan H. Nasin Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, juga menjelaskan bahwa baik kalah maupun menang dirinya akan terus menjalin silahturahmi dengan semua komponen Jakarta untuk menjamin kedamaian di Jakarta.

“Kita terus menjangkau semua silahturahmi semua. Kita ingin kedamaian Jakarta diatas pondasi keadilan, jadi kedamaiannya bisa langgeng karena ada topangan keadilan karenanya kami fokus pada lapangan kerja, biaya hidup karena itu yang membantu Jakarta,” tukasnya.

Mengenai peluangnya dalam Pilkada putaran kedua ini, Anies merasa yakin mayoritas masyarakat di Jakarta akan memilihnya.

“Kami sudah kerjakan semuanya. Komponen ikhtiar sudah, doa jalan terus, tawakal. Allah yang maha pencipta sudah menentukan takdirnya dan tanggung jawab. Kita bekerja untuk jemput takdirnya dan hari ini Insy Allah Jakarta akan mengetahui kepada siapa amanat kepemimpinan itu,” bebernya.

Anies sendiri hari ini memberikan suaranya di TPS 28, Jalan Haji Nasiin Lebak Bulus II, RT 06/RW 04, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan pada pukul 10.25. Dengan menggunakan baju putih lengkap dengan peci, dirinya pun ditemai oleh istrinya Fery Farhati dan Mutiara Annisa Baswedan putri pertamanya beserta kedua putranya Kaisar dan Ismail Baswedan. Kedatangan mereka pun disambut dengan lantunan sholawat nabi.

Ketua DPR Setya Novanto juga meminta kepada semua pihak menerima hasil Pilkada DKI Jakarta putaran kedua dengan legowo.

Menurut Novanto, hal itu penting dilakukan agar situasi yang sudah memanas sepanjang gelaran Pilkada DKI bisa kembali kondusif setelah semuanya selesai.

“Kita harapkan kondusif. Bagi yang kalah bisa menghormati bahwa inilah suatu pemilihan yang sudah dilakukan dengan cara-cara benar dan dilakukan dengan hati nurani masyarakat yang telah memilih,” ujar Novanto seusai menggunakan hak pilihnya di TPS 04 Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Selain itu, bagi yang menang, Novanto berharap tetap mengayomi semua pihak termasuk mereka yang bukan pemilihnya.

 Dalam Pilkada kali ini insiden kecil terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 di Petamburan, Jakarta Pusat.

TPS ini merupakan tempat pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab melakukan pencoblosan.

Di sana terjadi kericuhan terkait daftar pemilih tetap (DPT) yang tidak diperbolehkan untuk melakukan pencoblosan karena KTP yang dimilikinya kedaluwarsa.

 

Dalam Pilkada DKI putaran kedua, dua pasangan bertarung, yakni Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pukul 13.00 WIB, seluruh pemungutan suara di seluruh TPS sudah ditutup. Kini tengah berlangsung penghitungan hasil suara

 

Share This: