Pengacara Choel Sebut Kliennya Tidak Tahu Aliran Uang Hambalang

_

Soal uang yang mengalir kepada nama-nama yang ada di dalam dakwaan kasus korupsi pembangunan, pengadaan, peningkatan sarana dan prasarana Pusat Pendidikan dan Sekolah Olahraga (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Pengacara Andi Zulkarnaen “Choel” Mallarangeng, L Pangaribuan mengatakan bahwa kliennya tidak mengetahui itu sama sekali.

“Dia kan gak tahu, yang dia tahu itu apa yang sudah dikembalikan. Tapi mungkin ini yang saya tahu terdakwa mengaku terus terang dan ini saya kira yang disebut dengan substansi JC sebenarnya,” ungkapnya di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (10/4/2017).

Pangaribuan mengutarakan terkait nama-nama lain yang disebut JPU KPK di dalam dakwaan hari ini,  sudah jelas dan sudah ada daftarnya.

“Tapi itu gak ada hubungannya dengan Choel kan, karena itu kan perkaranya banyak. Yang berhubungan dengan Choel kan dia dituduh  mebantu abangnya. Itu pun abangnya melalui dia, gitu kan, itu kan intinya. Dan dia sudah akui yang diterima itu sudah dikembalikan dan itu yang dia terima,” bebernya.

“Jadi kalau ditanya tadi Olly Dondokambey dia kan gak tahu karena itu di DPR sana kan sementara tuduhannya kan dia menerima untuk abangnya dan dia sudah katakan,” tambahnya.

Menanggapi tentang keinginan Choel untuk menjadi Justice Collaborator, Pangaribuan mengatakan bahwa apa yang diketahui kliennya akan diungkapkan .

“Apa yang dia ketahui iya. Jadi misalnya Wafid Muharram, dia menerima ini dari Wafid kan tapi sebenarnya kalau diteliti lebih jauh, Wafid Muharram sebenarnya bukan berkaitan dengan proyek ini (P3SON). Tapi ada hubungannya dengan di Kemenpora waktu itu. Deputi-deputi di Kemenpora saat itu kan sudah banyak yang diganti, dan dia belum diganti dan dia khawatir (diganti) sementara banyak proyek kan seperti di Palembang dan di mana jadi ada dugaanya ke sana. Jadi ada dugaanya ke situ, dan uang itu bukan dari Hambalang tapi dari proyek lain karena waktu itu belum ada yang cair,” paparnya.

 

Share This: