Penggalangan Bantuan Untuk Wartawan Terdampak Covid-19

_

Tidak bisa kita pungkiri saat ini, para petugas medis adalah pasukan garda terdepan dalam melawan coronavirus. Mereka sebagai pejuang kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien terdampak Covid-19, layak disematkan pahlawan kemanusiaan.

Selain petugas medis, tugas wartawan juga tidak kalah penting. Walau harus bekerja dari rumah wartawan tetap mewartakan seputar perkembangan pandemik covid19 kepada masyarakat.

Namun, dampak pandemi covid-19 juga dialami oleh kalangan peserta. Bukan saja menyangkut kesehatan yang mempertaruhkan jiwa, tetapi  secara ekonomi banyak yang mengalami kemerosotan.

Bagaimana tidak, sejak 2-3 bulan diberlakukannya PSBB untuk berada & bekerja dari rumah, praktis seluruh aktivitas berkurang.

Berangkat dari hal itulah, sejumlah jurnalis yang tergabung di Komunitas Media Relasi membentuk gerakan “Peduli Jurnalis” dengan tagline Dari Kita untuk Kita.

Getakan ini dimotori oleh Andi Arif, seorang pewarta hiburan, yang menjadi Ketua Pelaksana,  dan yang disokong oleh beberapa jurnalis lainnya.

Sejak mulai bekerja, pada Kamis, 23 April 2020, gerakan “Peduli Jurnalis” telah membagikan paket sembako plus uang tunai untuk 75 Jurnalis yang membutuhkan, dan yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi.

“Kami berharap bantuan kecil ini bisa menjadi manfaat buat rekan-rekan jurnalis yang terdampak langsung dari pandemi Covid-19. Dan, Ini ikhtiar awal yang bisa kami lakukan bersama dengan sejumlah pihak menularkan energi positif dalam membantu menyelesaikan masalah ini,” jelas Andi Arif di Jakarta, Kamis (14/4/2020).

Gerakan “Peduli Jurnalis” Ini bisa terlaksana berkat sokongan dari  beberapa pihak, di antaranya Pengamat Musik Bens Leo, politikus Ferry Mursyidan Baldan, Leny Rafael,  beberapa artis seperti Novi Rizki, Febi Febiola, Arzeti, Indah, dan Irma Darmawangsa. Produsen produk minuman suplemen M150, Gloskin, dan beberapa donatur yang tak ingin disebutkan namanya, ikut memberikan sumbangan.

“Ini hanya langkah kecil kami dalam wadah Media Relasi. Semoga memberi kebaikan untuk semua. Dan, do’a kan kami, giat ‘Peduli Jurnalis’ berbagi dari kita untuk kita, bisa berlanjut sampai pandemi ini berakhir. Semoga ini bisa membantu teman-teman jurnalis yang membutuhkan,” kata Andi Arif.

 

Share This: