Penting, Peranan Pemda Dalam Pembebasan Lahan Pelabuhan Patimban

Foto: Portal Hubla - Kementerian Perhubungan
_

Peranan Pemerintah Daerah sangat penting dalam rencana pembangunan pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, khususnya dalam proses pembebasan lahan. Hal ini disampaikan Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba dalam audiensi dengan Pemkab Subang dan kementerian terkait dengan proyek strategis nasional pembangunan pelabuhan Patimban yang berlangsung di Kantor Bupati Subang, Rabu, (13/12/17). 

Menurut Parlindungan Purba, Kabupaten Subang patut berbangga karena akan memiliki pelabuhan skala nasional yang merupakan pembangunan pelabuhan pertama yang dilakukan oleh bangsa Indonesia.

“Di sektor kelautan, ini pembangunan pelabuhan untuk pertama kalinya, pelabuhan-pelabuhan yang ada selama ini kan peninggalan kolonial. Jadi Subang perlu berbangga, diberi kepercayaan ini, ” ucapnya.

Namun, lanjutnya, pemerintah kabupaten Subang memiliki tantangan yang cukup berat agar pembangunan infrastruktur ini tidak dihentikan karena progressnya yang lambat.

“Presiden akan meninjau setiap proyek infrastruktur yang ada di daerah, (pembangunan) yang tidak berjalan akan dihentikan. Untuk itu, proyek ini harus segera berjalan,” tambahnya.

Persoalan pembebasan lahan merupakan salah satu tantangan serius yang harus diatasi oleh pemerintah daerah. Tahun ini merupakan tahapan pembebasan lahan, untuk itu DPD RI berharap pemkab Subang mampu untuk menyelesaikannya dengan baik tanpa ada konflik.

“Pembebasan lahan saya harap tidak ada kendala, jadi pembangunan pelabuhan yang akan menjadi pelabuhan Internasional ini bisa berjalan mulus,” tambahnya.

Parlindungan berharap, segala persiapan dapat segera rampung sehingga pembangunan fisik dapat dilakukan pada awal tahun 2018 nanti.

Lebih lanjut, senator asal Sumatera Utara ini menambahkan perlunya dibangun akses jalan tol untuk menunjang pembangunan Pelabuhan Patimban.

“Pastinya ada peningkatan mobilitas barang pasca dibangunnya pelabuhan Patimban, untuk itu dibutuhkan jalan tol. Saya juga berharap pembangunan jalan tol bisa simultan dengan pembangunan pelabuhan,” tambahnya.

Sementara itu, anggota Komite II DPD RI, Aceng Fikri berharap kehadiran DPD RI dapat mempercepat akselerasi pembangunan pelabuhan Patimban ini.

Dengan dibangunnya pelabuhan Patimban ini, dipastikan akan menumbuhkan investasi di Jawa Barat, khususnya Subang.

“Ini akan jadi peluang buat Jawa Barat. Kami akan ada buat daerah, jika daerah mau akan kami bantu akselerasikan. Tinggal kemauan dari daerah,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, asisten pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Kabupaten Subang, Bambang Suhendar meminta dukungan dari DPD RI untuk membangun pelabuhan Patimban.

“Mudah-mudahan pembangunan ini akan memberikan efek positif, khususnya untuk pemkab Subang,” jelasnya.

Senada dengan Bambang, Kabag Pemerintah Setda Kabupaten Subang, Nana Mulyana
menjelaskan bahwa kondisi masyarakat yang akan terkena pembebasan lahan cukup kondusif, bahkan berbangga tanahnya akan menjadi bagian dari proyek stategis nasional.

“Kondisinya kondusif, bahkan mereka justru yang bertanya kapan pembebasan akan dimulai,” jelasnya.*tho

Share This: