Penyanyi Tri Utami Bergabung ke Pafindo

Tri Utami (kanan) dan Ketua Umum Pafindo, RM Bagiono, menyanyi bersama dalam HUT ke-2 Pafindo di Bintaro, Tangsel, Sabtu (12/5/2018) malam. - Foto: HW
_

Tri Utami, penyanyi berkelas asal Bandung, tanpa diduga hadir dalam HUT ke-2 Perkumpulan Artis Film Indonesia (Pafindo) di Accent Apartemen Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu (22/5/2018) malam. Tentu saja penyanyi mungil yang memiliki suara kuat ini menyumbangkan suaranya. Tidak sampai di situ, Ketua Pafindo RM Bagiono menyampaikan secara resmi, Tri Utami bergabung dengan organisasi artis peran yang masih berusia muda itu.

Pernyataan Ketua Umum Pafindo karuan menimbulkan pertanyaan, mengingat: Tri Utami adalah seorang penyanyi, dan selama ini bukan aktivis di Pafindo. Pafindo sendiri memang organisasi yang bersifat inklusif. Organisasi ini memiliki anggota dari berbagai latar belakang, seperti artis film, pelawak, pemain ludruk, musisi dan lain-lain. Ketua Umum Pafindo sendiri selama ini dikenal sebagai pengacara, dan produser film.

Dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela acara, Tri Utami mengaku enjoy diterima menjadi anggota Pafindo dan mengemban tugas di Bidang Kehumasan.

“Meskipun saya selama ini dikenal sebagai penyanyi, dunia film bukan sesuatu yang asing. Dulu saya pernah terlibat dalam beberapa film, meski pun cuma sekedar menulis lagu untuk film. Jadi ketika diberi kepercayaan ini, aku menerimanya dengan senang hati,” kata adik kandung pemusik Purwacaraka ini.

Tri mengaku belum menyusun program apa yang dilakukan terkait dengan tugas barunya. Dia berjanji akan aktif memperkenalkan Pafindo kepada masyarakat dalam berbagai kesempatan.

“Sementara memang aku belum tahu mau ngapain. Tapi sesuai dengan fungsi-fungsi kehumasan, tentu aku akan aktif mensosialisasikan Pafindo,” katanya.

Anti Narkoba

Ketum Pafindo RM Bagiono menjelaskan, sebagai organisasi resmi yang menjadi stake holder Badan Perfilman Indonesia (BPI), Pafindo sudah memikiki legalitas dan bekerja sama dengan pemerintah, mulai dari Pusbang, Kementerian Kebudayaan, dan kementrian-kementrian lain.

Meski berusia muda, perangbPafindo sudah sudah diakui. Salah satunya adalah acesor, yakni di bidang keaktoran dan naskah. Yakni untuk Rony Dozer, Irfan Wijaya dan Rizal Gibran. Sayangnya kasus yang dialaminya membuat Rizal Gibran harus diberhentikan dari Pafindo.

Seperti diketahui, Rizal Gibran ditangkap karena penyalahgunaan narkoba pada akhir Februari 2018 lalu. Rizal adalah Wakil Ketua Umum Pafindo.

“Kita sudah bertekad menjadikan Pafindo menjadi organisasi yang bebas narkoba. Kita tidak mentolerir anggota yang menggunakan narkoba. Akan kita pecat. Bahkan ketua umum kalau menggunakan narkoba, harus diberhentikan,” kata Bagiono.

Ketua Umum Pafindo, RM Bagiono menyerahkan penghargaan untuk artis yang berjasa bagi Pafindo, di antara untuk Wati Siregar, ibu kandung artis Elma Theana. (Foto: HW)

Di usianya kedua pengacara yang memiliki panggilan akrab Gion itu bertekad membawa Pafindo harus berperan secara revolusif. Artinya, menurut Gion, film ini harus berkembang secara revolusi, film adalah karya imajiner yang bagian-bagiannya secara tendensi harus revolusif. Ini harus dibangun bagaimana Pafindo ke depan harus dibangun agar memiliki karakter yang di dalamnya menampung seluruh insan perfilman.

“Pafindo memberikan suatu pandangan dan memiliki visi agar perfilman menjadi tuan rumah. Pemerintah harus hadir. Kita punya Pusbang Film, punya Bekraf. Pertanyaannya apakah sudah hadir! Kita akan mendorong agar pemerintah hadir,” tegasnya.

Share This: