Peringati HUT Ke-4, Forwan Berbagi Dengan Ratusan Anak Yatim

_

Dalam rangkaian ulang tahun ke 4 Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia. Forwan menggelar aksi sosial dengan memberikan santunan kepada 400 anak yatim dan janda almarhum Anggota Forwan. Acara tersebut dihelat di Lemmon Id Building, Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018).

Acara yang digagas komunitas wartawan hiburan itu merupakan wujud kepedulian insan pers terhadap persoalan sosial. Di tengah kesibukan berburu berita, para awak media ini menyisihkan waktu dan perhatian untuk berbagi kebahagiaan.

Acara diawali dengan kegiatan dolanan interaktif yang melibatkan sekitar 250 anak yatim dari beberapa panti asuhan di Jabodetabek. Beragam permainan tradisional seperti enggrang, loncat karet, gangsing, lomba bakiak dan lainnya dilombakan. Kegiatan itu dipandu Endi Aras dari Kampung Dolanan Nusantara.

Anak-anak panti usia sekolah dasar hingga SMA itu berbaur memainkan permainan tradisional dengan gembira. Beberapa pemenang lomba mendapat hadiah hiburan dari panitia. Tampak wajah-wajah bahagia tergambar dari wajah anak-anak tersebut. 

Ketua Umum FORWAN Sutrisno Buyil hanyut dalam suasana suka cita saat menyampaikan kata sambutannya. Wartawan senior itu menyampaikan rasa terima kasih kepada para pendukung acara yang telah memberikan sokongan fasilitas, dana dan waktu demi lancarnya acara ini. 

“Benar benar surprise, nggak nyangka Forwan bisa memberi santunan kepada 400 anak yatim dan 4 janda almarhum Anggota Forwan. Tantangan ketika rencana menggelar santunan lumayan berat, tapi berkat campur tangan Allah SWT. Impian Forwan bisa terwujud,” ujar Buyil dalam kata sambutannya.

Buyil berharap mendapat doa dari para anak yatim. Sebab menurutnya, anak yatim adalah anak-anak kesayangan Rasulullah yang dimuliakan Allah sehingga doanya pasti dikabulkan. “Kami minta didoakan agar FORWAN semakin solid, semakin maju sehingga bisa melakukan banyak kegiatan sosial seperti hari ini,” paparnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta. Menurut Sekretaris I PWI DKI Jakarta Kesit B Handoyo, sudah seharusnya apa yang dilakukan FORWAN ini menjadi pemicu atau cambuk bagi komunitas-komunitas wartawan di Jakarta agar melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti ini.

“Saya baca spanduknya, sangat menyentuh, “Jangan biarkan anak yatim terus bersedih, buat mereka tersenyum. Ya karena kalau adik-adik nggak tersenyum, dunia juga ikut murung. Jadi tetaplah tersenyum. Tetap semangat menjalani hidup,” ujar Kesit memotivasi anak-anak yatim yang hadir.

Sementara itu, Agi Sugiyanto selaku Ketua Dewan Pertimbangan FORWAN berkisah tentang masa kecilnya yang kurang beruntung. Agi yang kini memiliki perusahaan label berusaha memotivasi anak-anak panti yang antusias mendengar testimoninya.

“Sejak kecil saya sudah yatim piatu, untuk sekolah saja harus kerja sendiri. Berkat usaha yang keras dan sabar. Saya sempat jadi wartawan, dan kini jadi pengusaha. Jadi adik-adik sekalian, harus punya impian dan cita-cita yang tinggi untuk memotivasi hidup menjadi orang sukses,” paparnya.

Dwi Suryanti, istri mendiang Agustian, salah satu perintis FORWAN yang mendapat santunan mengucapkan terima kasih tak terhingga. “Sejak suami saya dirawat karena sakit yang menahun, hingga wafat dan hingga hari ini, FORWAN tetap peduli. Semoga FORWAN semakin maju dan sejahtera,” ujarnya.

Selain Dwi Suyanti, hadir juga Siti Maryam, istri almarhum Anggara Rengganis dan Anna Nuryana Liza, istri almarhum Arief Bayu Aji bersama dua putranya yang masih anak-anak.

Panitia acara menghadirkan Habib Yahya Assegaf, ulama yang juga mantan wartawan sesepuh Habaib yang dituakan di Jabodetabek untuk memberikan tausiyah dan pembacaan doa. Usai bertausiyah, ulama kondang itu sempat berkisah tentang masa mudanya yang heroik.

Selanjutnya sederet artis ibukota menghibur hadirin dengan lagu-lagu hit mereka, Ratna Listy yang didapuk sebagai pembawa acaranya pun menyumbang suara merdu sambil memetik gitar. Acara semakin cair dengan candaaan Derry “4 Sekawan” yang mendampingi Ratna Listy membacakan rangkaian acara. Ikke Nurjanah, Uci Sucita, Caca Handika dan Lala. Sedangkan Adri Manan menampilkan atraksi sulapnya yang lucu dan unik.

Acara ini terselengara atas kerjasama dengan Lemmon Id, PT Kino Indonesia tbk, Telkomsel Peduli, Djarum Foundation, Nagaswara, MD Picture, Walicare, Max Picture, Paytren dan Pro Aktif. (*)

Share This: