Empat Pimpinan KPK Temui Presiden

_

Hari ini empat pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemui Presiden Joko Widodo di istana, untuk membahas upaya pemberantasan tindak korupsi. Keempat pimpinan KPK, yakni Agus Raharjo, Basaria Panjaitan, Saut Situmorang, dan Alexander Marwata.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengutarakan bahwa pertemuan kali ini, diperlukan agar ada komunikasi dan koordinasi lebih lanjut terkait dengan upaya pemberantasan korupsi.

“Dibutuhkan penguatan regulasi pemberantasan korupsi jadi ke depan diharapkan ada concern yang serius untuk mengharmonisasikan konferensi PBB melawan korupsi dengan undang-undang tindak pidana korupsi yang dibutuhkan KPK,” jelas Febri.

Febri menambahkan, dalam penguatan kinerja aparat penegak hukum, hal yang perlu diperhatikan adalah penguatan pidananya, bukan revisi undang-undang KPK ataupun menggulirkan hak angket, karena tidak tepat dijadikan sebagai alasan penguatan kinerja KPK.

“Saat ini yang dibutuhkan oleh seluruh institusi penegak hukum yang melakukan pemberantasan korupsi, bukanlah revisi undang-undang KPK. Tetapi justru penguatan terhadap beberapa aturan pidana yang sudah berlaku di dunia internasional, seperti memperdagangkan pengaruh dan juga korupsi di sektor swasta,” bebernya.

Ia menjelaskan dalam pertemuan dengan Presiden, keempat pimpinan KPK  ini juga membahas dukungan negara dalam pembiayaan Penyidik KPK Novel Baswedan, yang sedang dirawat di Singapura.

 

Share This: