“Pohon Terkenal” Film Tentang Pendidikan di Akpol Mulai Main di Bioskop

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal dan pemeran utama film 'Pohon Terkenal' Laura Theux. (Foto: HW)
_

“Pohon Terkenal” adalah istilah yang sangat populer ďi lingkungan Akademi Kepolisian (Akpol) atau pendidikan perwira angkatan lainnya. “Pohon Terkenal” adalah sebutan untuk seorang taruna yang berulangkali mendapatkan hukuman, karena kesalahan maupun kelakaiannya.

“Jadi kalau ada taruna yang sering dihukum karena peraoalan disiplin atau pelanggaran lainnya, istilah Betawinya lu lagi, lu lagi, nah yang seperti itu disebut Pohon Terkenal. Tetapi taruna seperti itu, jika dia lulus dan bertugas kelak, dia jadi perwira yang hebat. Bagaimana tidak, taruna lain cuma push-up sepuluh, dia bisa seratus,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen (Pol) Mohammad Iqbal, SIP, MH usai pemutaran teaser film “Pohon Terkenal” di Epicentrum XXI, Kamis (20/2/2019).

Divisi Humas Mabes Polri mengangkat istilah populer tersebut menjadi judul film yang disutradadi oleh Monty Tiwa, dengan pemain antara lain Laura Theuz, Azis Doa Ibu, Umay Shahab, Raim La Ode, Cok Simbara dan lain-lain.

Film tersebut menceritakan tentang seorang pemuda yang mengikuti proses pembentukan menjadi seorang Perwira Polisi, mulai dari pendaftaran sampai dengan lulus dari Akademi Kepolisian.

Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, inti film berjudul “Pohon Terkenal” ini adalah tentang proses menjadi seorang perwira polisi selama mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian. Film tersebut dengan pengambilan scene 80% berlokasi di Akademi Kepolisian Semarang.

Dalam film tersebut, Polri ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa untuk menjadi seorang anggota Polri harus dilalui dengan kesungguhan dan tekad yang bulat serta didukung dengan proses seleksi yang bersih, transparan, dan akuntabel.

“Selama ini masyarakat hanya melihat hasil seorang perwira polisi. Tetapi proses menuju itu banyak yang belum tahu. Nah film ini menggambarkan bagaimana proses seorang perwira kepolisian dibentuk. Bagi yang pernah mengikuti pendidikan di Akmil, akan tahu bagaimana aura di sana,” katanya.

Meskipun substansi cerita adalah pendidikan perwira kepolisian, tetapi film ini juga tidak mengabaikan aspek entertain agar masyarakat bisa menikmati.

M. Iqbal yakin “Pohon Terkenal” akan menjadi box office, karena seluruh alumni Akademi Kepolisian, termasuk keluarganya pasti ingin menonton. Film tersebut akan tayang di bioskop-bioskop tanggal 21 Februari 2019.

 

Share This: