Ramon Papana Perkarakan Hotel dan Kafe yang Adakan “Open Mike” Tanpa Ijin.

_

Pelopor stand-up comedy di Indonesia, Ramon Papana, tengah menyiapkan langkah hukum untuk membela haknya atas penyelenggaraan kegiatan Open Mike tanpa ijin darinya.

Ramon menyebut Hotel M di Jakarta, Kafe UpN yang tersebar di beberapa daerah, sebuah kafe yang pernah menampilkan putra Presiden Jokowi, Kaesang ber-Open Mike di Bogor, yang akan diperkarakan.

“Hari Jum’at kita rapat, Senin mungkin sudah masuk ke pengadilan,” kata Ramon kepada beberapa wartawan, di Sekretariat PWI Sie Film, Kuningan, Jakarta, Rabu (23/1/2019) sore.

Menurut Ramon, legiatan Open Mike, melakukan stand-up comedy secara terbuka di Indonesia, digagas oleh dirinya, dan sudah didaftarkan hak ciptanya di kantor Kemenkum HAM. Oleh karena itu, siapa pun tidak bisa mengadakan kegiatan Opec Mike untuk tujuan komersial, tanpa ijin dirinya.

“Sekarang ini kegiatan open mike sudah menyebar di seluruh Indonesia, hingga ke desa-desa. Banyak yang mengatakan ini public domain, sehingga ada yang protes sama aku. Ya jangan aku dong yang disalahkan, salahin keputusan Menkumhamnya,” kata Ramon.

Namun begitu ia menegaskan tidak ingin mematikan kegiatan open mike yang sudah memasyarakat. “Makanya bukan orangnya yang aku tuntut. Kita bicara B to B (secara bisnis), kafenya yang aku minta bertanggungjawab,” katanya.

Menurut Ramon, pihak-pihak yang secara sengaja bisa diancam gati rugi sebesar Rp.1 milyar dan hukuman 4 tahun.

“Makanya tivi-tivi juga sekarang enggak berani bikin open mike. Kalau berani silahkan aja,” tegas Ramon.

 

Share This: