Refly Harun: Jika Lengser dari Hanura, Power OSO Akan Menurun!

Refly Harun. (Foto: RRI)
_

Jika Oesman Sapta Odang terpental dari kursi Ketua Umum Partai Hanura, maka kekuatannya (power) akan menurun di DPD, karena anggota PDP yang juga anggota Partai Hanura akan terkena imbasnya.

“Saat ini kan banyak anggota DPD yang masuk ke Partai Hanura. Tujuannya jelas, bisa mencalonkan di DPD atau di partai politik bila Pemilu. Akibatnya di DPD itu ada dua kubu, kubu Partai Hanura dan non Hanura,” kata Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (17/1/2017) malam.

Andaikata OSO tersingkir dari kursi Partai Hanura, justru DPD akan jauh lebih baik, karena tidak lagi dipimpin oleh partai politik.

“DPD itu kan memang didisain bukan untuk partai politik, karena partai politik sudah ada tempatnya, yakni DPR. Sejak awal saya tidak setuju OSO menjadi Ketua DPD, karena dia Ketua Partai Politik. Kalau kelak dia tidak lagi menjadi Ketua Umum Parpol, berarti DPD kembali ke khitahnya,” kata Refly.

OSO terpilih sebagai Ketua DPD setelah terjadi kisruh di tubuh DPD pada April 2017 lalu. Kericuhan terjadi pada saat Rapat Paripurna (RP) berlangsung pada tanggal 3 April 2017 yang nyaris menimbulkan bentrok fisik.

OSO terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD RI dalam Rapat Paripurna yang berlangsung pada Selasa (4/42017) dinihari. Selain OSO, paripurna juga memilih Nono Sampurno dan Darmayanti Lubis sebagai Wakil Ketua DPD.

 

 

Share This: