Saladin Cs Kunjungi Yenny Farida, Robby Sutara dan Otis Pamutih yang Sedang Sakit

_

Aktor senior Soultan Saladin bersama anggota DPP Parfi aktor Doly Martin, Ayu BN dan Nasgian, Rabu (23/9/2020) kemarin kembali mengunjungi beberapa artis senior yang sedang sakit. Kunjungan dilakukan di tiga tempat, masing-masing ke rumah artis tahun 80-an Yenni Farida, Otis Pamutih dan Robby Sutara.

Dalam kesempatan itu Soultan Saladin dkk memberikan bantuan satu paket bahan pokok, obat herbal dan sejumlah uang dalam amplop.

 

Kunjungan pertama menemui Yenny Farida, bintang panas tahun 80an yang kini tinggal di rumah kontrakan bersama anaknya, di kawasan Depok Utara, Depok. Yenny nampak gembira dengan kedatangan Soultan Saladin Cs.

“Ternyata masih ada teman-teman yang ingat. Alhamdulillah ya,” kata Yenny.¬†

Yenny sudah sejak lima tahun terakhir ini menderita glucoma, asam urat dan aliran darahnya tidak lancar.

“Kalau kena sinar silau, makanya saya harus pakai kacamata terus,” kata Yenny yang tinggal bersama anak satu-satunya, seorang gadis.

Dari rumah Yenny rombongan menuju tempat tinggal Otis Pamutih di Jl. Kelapa Tiga Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Otis sudah lama terserang stroke, sehingga harus menggunakan tongkat dan dibimbing ketika berjalan.

Otis tak dapat menahan rasa haru ketika bertemu dengan rekan lamanya. Dia berharap segera sembuh dan bisa kembali bersilaturahmi dengan teman-temannya sesama artis senior dan pemain teater.

“Aku udah lama tidak datang ke Parfi, udah sekian tahun tidak bertemu teman-teman. Mudah-mudahan aku bisa sembuh dan ketemu teman-teman,” kata Otis dengan suara terbata-bata, dan tidak mampu menyembunyikan rasa harusnya.

Dari Lenteng Agung rombongan yang menggunakan tiga mobil lalu menuju ke Jl. Kramat V Jakarta Pusat, tempat tinggal aktor Robby Sutara yang tinggal di rumah kontrakan bersama anaknya.

Robby Sitompul, nama aslinya telah lama sakit jantung dan asam urat. Bahkan sempat beberapa tahun hanya terbaring di tempat tidur.

Rumah kontrakan Robby bersama anaknya berada di sebuah gedung tua bekas mess tentara Belanda yang kini dikuasai Angkatan Darat.

Meskipun harus menggunakan tongkat penyangga, aktor yang dikenal memiliki kumis tebal di masa mudanya ini, sudah bisa berjalan. Dia bahkan sempat mengantar Soultan Saladin Cs untuk melihat tanah milik Parfi di Jl. Kramat V yang kini ditempati orang.

“Sekarang kondisiku sudah lumayan. Dulu aku cuma bisa berbaring di tempat tidur. Ini karena asam urat dan pemasangan ring di jantung. Makanya aku ingatkan kepada yang muda-muda, hindari makan-makanan berkoleaterol tinggi seperti seafood atau daging merah. Istirahat juga harus cukup,” katanya.

Sebetulnya dalam jadwal, rombongan juga akan menemui seniman Betawi Urip Arpan yang juga sedang sakit. Tetapi karena sudah terlalu sore, akhirnya rencana itu ditunda.

Pemberian bantuan kepada ketiga artis senior tersebut merupakan yang kedua kali dilakukan. Sebelumnya, pada Senin (24/8/2020), Soultan Saladin ditemani oleh Ati Cancer, Dolly Martin dan Ayu BN juga telah memberikan bantuan kepada Asriati (pengisi suara tokoh Mak Lampir) dan Etty Sumiati.

“Di masa pandemi covid 19 ini kami lihat banyak artis-artis senior yang terdampak. Mereka perlu dibantu, karena mengingat usianya mereka sudah tidak memungkinkan lagi aktif di dunia film,” kata Saladin.

“Ini merupakan kunjungan untuk berbagi sesama artis yang digagas oleh Bang Soultan Saladin. Mudah-mudahan ini bisa membantu rekan-rekan artis merasa lebih baik, karena hati yang gembira adalah obat. Kita akan mengunjungi juga artis-artis yang lain dalam kunjungan berikutnya,” kata Ayu BN.

Share This: