Selamat Jalan Julia Perez…

Foto: Ist
_

Terlepas dari segala kontoversi yang telah dibaut dan dialaminya selama berkarier di jagat hiburan tanah air, Julia Perez merupakan artis paling fenomenal yang menarik perhatian banyak kalangan. Bahkan hingga tutup usia pada Sabtu (10/6/2017) pukul 11.00 WIB ini, perhatian tetap tertuju kepadanya.

Kepergian Julia Perez menghadap Sang Pencipta adalah akhir dari penderitaan panjang yang dialaminya, setelah ia diketahui menderita kanker serviks. Setelah divonis menderita kanker serviks stadium 4, 5 bulan lalu, Jupe dirawat di RSCM Jakarta, dan sejak itu tidak pernah ke luar lagi dari rumah sakit, sampai ajal menjemputnya.

Jenazah artis kelahiran Jakarta, 15 Juli 1980 itu dibawa oleh keluarganya ke rumah duka di Perumahan Rafles Hill Cibubur, untuk kemudian dimakamkan. Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui di mana jenazah akan dimakamkan.

Sejak dirawat di RSCM 5 bulan lalu, perhatian masyarakat terhadap artis bernama asli Yulia Rahmawati ini tak pernah putus. Media hiburan terus menerus memberitakan perkembangan kondisi kesehatannya.

Tim dokter di rumah sakit terus berusaha menjaga kondisi Jupe dan kalau mungkin menyembuhkannya, hingga Kamis (8/6/2017) tim dokter melakukan operasi pada organ pencernaannya yang diduga lengket sebagai efek dari radiasi yang diterima Jupe untuk pengobatan kankernya.

Itu merupakan upaya terakhir yang bisa dilakukan dokter. Karena dua hari setelah operasi, Sang Khalik memanggil artis berdarah Sunda yang semasa jayanya dikenal memiliki penampilkan sensual ini.

Jupe memang tidak mengukir namanya melalui prestasi gemilang dalam dunia hiburan. Sosok fisik dan aksi-aksinya kerap menimbulkan magnet sendiri bagi kalangan pewarta hiburan. Setiap aksi dan peristiwa yang dialaminya selalu mendapat tempat di media hiburan, mulai dari keterlibatan dalam pembuatan film, album rekaman, hingga masalah-masalah pribadi yang dialaminya. Dari publikasi yang intens itulah nama Jupe kemudian mencuat.

Ia memulai kariernya di Perancis. Perkenalannya dengan model pria Damien Perez (kemudian berganti nama menjadi Yusuf Perez) yang kemudian menjadi suaminya membuka kesempatan awal dirinya tampil sebagai model majalah FHM dan Maxim di Perancis. Dengan penampilannya dalam FHM dan Maxim, Jupe mendapat nominasi 100 perempuan terseksi versi majalah FHM dan Maxim.

Foto syur Julia Perez juga sempat menyebar di internet Saat koleksi foto-foto syur miliknya muncul di koran terbitan ibukota, Julia Perez melaporkan hal tersebut ke Yanmas Polda Metro Jaya pada tanggal 6 Maret 2007.

Namun, karena tak mau kasusnya berlarut-larut, Jupe pun mencabut laporannya pada tanggal 21 Maret 2007 Jupe mengatakan hal ini dilakukannya setelah ketiga fotografer tersebut telah meminta maaf pada dirinya yang disertai pertemuan yang berlangsung secara kooperatif dan kondusif. Baginya permasalahan ini sudah dianggap selesai walau terasa berat karena ia adalah korban

Namanya mulai dikenal setelah ia memerankan beberapa sinetron dan film layar lebar. Pada bulan April 2008, Julia Perez menyatakan terjun ke dunia dangdut Ia lalu merilis album perdananya yang berjudul Kamasutra.

Dalam album tersebut Jupe menyertakan kondom yang diselipkan dalam sampul setiap albumnya. Meski Jupe menyatakan alasan penyertaan kondom dalam setiap albumnya tersebut adalah untuk mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS serta mempromosikan seks aman dan Keluarga Berencana (KB), namun banyak pihak yang menilai tindakannya tersebut adalah bentuk tindakan asusila dan dukungan terhadap budaya seks bebas.

Bahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta menyatakan secara terang-terangan bahwa tindakan Jupe tersebut bisa diinterpretasikan sebagai dukungan terhadap seks bebas. Akibat dari penampilannya yang seksi serta album Kamasutra yang berbonus kondom ia banyak dicekal di Indonesia, seperti di Nusa Tenggara Barat, Riau, Pelembang, Balikpapan dan Bengkulu.

Video klip Julia Perez juga dicekal di semua stasiun TV di Indonesia. Video klip itu disutradai oleh Khemod dari rumah produksi Cerahati. Julia Perez mengaku mengetahui alasan pencekalan tersebut, padahal video klip itu telah lulus sensor dan bergenre komedi.

Julia kemudian menikah dengan Damien, tetapi pernikahan itu tidak berlangsung lama. Kendati demikian Julia tetap memakai nama Perez di belakangnya, hingga Damien Perez pernah menuntut royalty sebesar Rp.1 milyar jika Jupe tetap ingin memakai namanya. Jupe menolak tuntutan yang dianggapnya terlalu besar itu. Urusan tuntut menuntut royalti belakangna tidak kedengaran lagi.

Kehebohan berikutnya adalah mengenai hubungan Jupe dengan pesepakbola Argentina yang merumput di Indonesia, Gaston Castano. Setelah rantang-runtung cukup lama, keduanya lalu menikah di Matiel Gabeey, Australia Barat 26 September 2013 silam. Jupe tidak mempublikasikan pernikahan keduanya itu, meski sebelumnya foto-foto prewedding dirinya dengan Gaston beredar di dunia maya.

Lantaran Gaston abai dengan rumahtangga, dan menyepelekan kewajibanya untuk menyetor uang dapur, Jupe lalu menggugat suami keduanya itu, hingga pada Mei 2016, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai Jupe. Pengadilan juga memutuskan Gaston harus tetap menafkahi Jupe sebesar Rp.15 juta / bulan, selasa Jupe tetap menjanda.

Sebelum itu ada lagi keseruan dari sosok Jupe yang menjadi sorotan, yakni mengenai pertengkarannya dengan penyanyi asal Jawa Timur, Dewi Persi di lokasi syuting film tahun 2010.

Keduanya sempat cakar-cakaran hingga bergulat seru. Para kru menduga itu akting yang harus mereka lalukan di film, ternyata insiden dalam lokasi. Keduanya saling menuntut ke pengadilan. Dewi Persik bahkan harus merasakan dinginnya tidur di balik terali besi Rutan Pondok Bambu selama 3 bulan.

Namun dalam pesta khitanan putra Eko ‘Patrio’, tahun 2016, tidak disengaja keduanya dipertemukan dalam satu panggung. Berawal dari situ, Jupe dan Depe sama-sama membuka hati untuk kembali merajut komunikasi dan berdamai.

Di balik segala cerita miring tentang dirinya, Jupe adalah pribadi yang hangat. Dia tidak pernah memandang orang dari status sosial atau penampilannya. Dia bisa akrab dengan siapa pun.

Tahun 2007, Jupe pernah dilibatkan dalam aksi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Warakas, Jakarta Utara. Jupe yang turun dari mobil tanpa sungkan masuk ke perkampungan melewati tempat pembuangan sampah. Dia tetap berjalan dengan tenang dan yakin, meski pun ribuan lalat berterbangan di sekelikingnya. Jupe lalu masuk ke gang-gang sempit, bertemu dengan warga.

Sikap hangat juga ditunjukkan Jupe ketika melakukan sosialisasi bahaya narkoba dan HIV/AIDS di LP Wanita Tangerang. Jupe mengibur dan berbaur dengan para napi. Tanpa sungkan di memeluk beberapa di antaranya.

Segala cerita dan gambar-gambar Julie Perez masih bisa dilihat dan mungkin akan tetap dikenang oleh penggemarnya. Tetapi kiprah aktual sang artis sudah tidak bisa lagi ditemui. Selamat jalan Julia Perez…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share This: