Suti Karno, Tidak Mantang Meski Kena Diabetes

Suti Karno (Foto: HW)
_

Sejak tahun 2013, Suti Karno divonis menderita diabetes. Hal itu disebabkan kebiasaannya minum-minuman dalam kemasan. Sebagaimana unumnya penderita diabetes, tidak boleh sembarang makanan dimakan. Banyak makanan harus dipantang.

Namun tidak bagi Suti Karno. Tidak ada makanan yang dipantangnya. Ia tetap mengkonsumsi makanan apa pun, hanya porsinya yang dibatasi. “Saya enggak pantang, tapi harus tahu diri. Kan kalau gula itu kan enggak boleh kurang gula,” kata Suti ketika ditemui usai pemutaran film The Last Barongsai, di Jakarta, Kamis (20/1/2017) siang.

Sebagai penderita diabetes menurut Suti dirinya tidak boleh terlalu capek, harus bisa mengukur kekuatan badan. Jangan beraktivitas terus menerus setiap hari.

Paling tidak, katanya, antara kegiatan dan istirahat harus diselang-seling.

“Dua hari jalan, sehari istirahat. Atau sehari istirahat besok jalan lagi. Seperti hari ini ada kegiatan, besok sudah harus berangkat ke Bandung. Anak saya bilang Mama jangan nyetir mobil ya. Aku saja yang bawa. Tapi kan dia kerja, aku bilang kamu pulang aja. Tapi dia tetap mau nyetirin aku, dan minta pulang hari minggu karena harus kerja.”

Akibat diabetes yang dideritanya, belum lama ini Suti harus menjalani operasi karena ada abses di dekat kedua ketiaknya. Abses itu membesar seperti bisul. Dia sudah ke dokter, dikasih obat, tapi tidak pecah. Minum obat bisul berwarna hitam, juga tidak pecah.

“Waktu itu sempat pecah, tapi besoknya malah jadi satu seukuran jari. Kata teman aku ke dokter aja. Akhirnya dioperasi besar. Karena saya kena jantung, diobservasi dulu. Alhamdulillah saya bukan kena diabetes besar. Jadi kata dokter dalam dua minggu sudah bisa kering. Jadi dikorek dalamnya dua centi,” kata adik kandung aktor dan Gubernur Banten Rano Karno itu.

Meski divonis diabetes, artis kelahiran Jakarta 27 April 1966 tetap menjalankan aktivitasnya di film. Bahkan dia aktif terlibat mempromosikan film terbarunya, The Last Barongsai, di mana dia main sebagai isteri Azis, yang diperankan oleh komedian Azis Gagap. (*)

 

 

 

Share This: