Tahun 2017 Pemerintah turunkan harga gas industri, ini langkah yang harus dilakukan

_

Pemerintah berjanji menurunkan harga gas industri per 1 Januari 2017 mencapai level 6 dolar per MMBtu.Namun dibalik semua itu pemerintah harus melakukan persiapan agar penurunan gas industri tidak hanya menjadi wacana.

Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro menegaskan hal yang paling utama ialah kontrak pemerintah dengan para investor
” Ini kontraknya yang paling utama, pemerintah harus identifikasi, dalam listnya juga ada dalam permen 40 secara sektor ada 3 ya ada petrokomia, pupuk dan baja.YYang perlu disiapkan ya tentu bagaimana kontrak jual beli gas antara 3 sektor ini dengan lapangan lapangan harus disiapkan
” Ujarnya saat ditemui di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (11/12)

Ia juga menambahkan problem penurunan di tahun 2017 bukan hanya di harga melainkan di administrasi dan perizinan.
“Problemnya bukan hanya di harga tetapi masalah lain seperti surat perizinan dan lain sebagainya, tetapi jika harga tidak cukup menarik bagi mereka (investor), nanti mereka banyak yg menarik diri dari Indonesia.” Sambungnya.

Walaupun dari sisi infrastruktur masih kurang, penurunan harga ini tidak berpengaruh secara jelas, karena penurunan harga yang dilakukan pemerintah lebih tertuju kedalam harga eksisting
“Dalam konteks penurunan harga ini sebetulnya lebih ke pasokan harga eksisting jadi ini tidak ada kaitan dengan infrasutruktur. Jelasnya.

Disamping itu, dirinya mendesak agar pemerintah segera memproses kontrak jual beli mulai dari bulan Desember 2016, hal ini dilakukan supaya teman-teman industri tau lebih awal.
“Persiapan di bulan Januari
untuk kontrak jual belinya harus segera proses karena tanggal 1 Januari 2017 sebentar lagi, kalo bisa di minggu ketiga atau minggu keempat paling akhir bulan desember ini harus selesai sehingga nanti pas kick off 2017 sudah harga baru yang diterima oleh teman-teman industri.” Imbuhnya.

Share This: