Tim Pansel KPK umumkan kriteria calon penasihat hukum KPK

_
Pansel KPK kiri-kanan
Busyro Muqadas, Mahfud MD, Sekjen KPK
Raden Bimo Gunung Abdul Kadir, Ketua Tim Pansel Imam Prasodjo, Reinaldi, dan Saldi Isra. Foto : Isra Berlian

JAKARTA, BALAIKITA.COM– Panitia Seleksi (Pansel) Penasehat Hukun umumkan persyaratan seleksi calon penasihat hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sekertaris Jendral KPK Raden Bimo Gunung Abdul Kadir mengungkapkan bahwa selama 2 tahun ini posisi penasihat KPK kosong. Untuk itu ia menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan seleksi penasihat KPK untuk mengisi posisi tersebut.

Ketua Tim Pansel Pemilihan Penasihat KPK, Imam Prasodjo menjelaskan bahwa dalam proses recruitmen ini, tim panitia pansel berusaha untuk memilih orang yang dapat mengembangkan lembaga ini.

Saldi Isra, anggota Tim Pansel mengungkapkan nantinya para pendaftar harus melengkapi persyaratan antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia yanh   dibuktikan dengan KTP/Paspor Indonesia
  2. Min.40th max60th pada akhir pendaftaran kita carinahli yang tidak dimiliki oleh bidang ini
  3. Minimal pendidikan Strata 1 (S1)
  4. Tidak menjadi pengurus parpol selama 5 tahun terakhir
  5. Bersedia melepaskan jabatan struktural di tempat dia bekerja selama menjadi anggota penasihat hukum KPK
  6. Aparatur negara baik sipil/tni harus mendapatkan ijin dari atasan
  7. Tidak terikat hubungan dengan pimpinan atau pegawai KPK
  8. Tidak terlibat hukum
  9. Ada tanda surat kesehatan dari RS atau Puskesmas.

“Nantinya, untuk tahap proses perecruitan para calon akan menjali 3 tahapan proses. Mulai dari (1) Administrasi, (2) Setelah lulus proses administrasi dilanjutkan dengan serangkaian tes bagi calon peserta mulai dsri tes psikologi, assesment, dan apabila lolos akan dilanjutkan dengan tes yang terdiri dari 2 tes yakni essay dan multiple choice dan dilanjutkan dengan tes kesehatan. Nantinya jika dinyatakan lolos dilanjutkan dengan membuat profil diri dsn membuat essay terkait apa yang akan dilakukan apabila terpilih menjadi anggota penasihat KPK. Dan terakhir (3) Apabila lolos kembali, akan melalui tes wawancara dengan tim pansel dan nantinya akan diilih 8 orang kandidat dan diserahkan ke pimpinan KPK. Untuk tahap wawancara akhir dengan pimpinan KPK dan dari 8 orang tersebut akan dipilih sebanyak 4 orang yang akan menjadi Penasihat Hukum KPK,” bebernya.

Nantinya 4 anggota yang terpilih akan menjalankan masa jabatan selama 4 tahun pada periode 2017-2021.

Lebih lanjut, ketua pansel Imam menyebutkan nantinya setelah terpilihnya 4 anggota penasihat hukum KPK itu akan bertugas untuk menggalang seluruh gagasan dari masyrakat yang nantinya akan disampaikan kepada pimpinan KPK.

“Nantinya para anggota yang terpilih harus mampu menggalang seluruh gagasan yang baik dari masyrakat untuk bisa dijadikan gagasan utuh yang bisa disampaikan kepada pimpinan KPK untuk memikirkan masa depan institusi ini,” bebernya.

Nantinya juga pada tanggal 11 Februari pihak tim pansel akan mempublish proses persyaratan recruitmen pada laman resmi KPK di www.kpk.go.id

 

Share This: