Tomohon International Flower Festival ajang perkenalkan Tomohon sebagai Kota Bunga

_

Pemerintah Kota Tomohon Sulawesi Utara, launching Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 sebagai upaya menarik wisatawan datang ke Tomohon sekaligus memperkenalkan Tomohon sebagai kota dan pusat industri bunga di Sulawesi Utara.

 

“Melalui kegiatan ini kami berharap Tomohon makin dikenal kota religius, kota bunga baik di nusantara tapi juga mancanegara,” ungkap Walikota Tomohon, Jimmy Feidie di Jakarta, Minggu (21/5/2017).

 

Kegiatan karnaval mini oleh Pemerintah Kota Tomohon di Kawasan MH Thamrin saat Car Free Day

 

Kegiatan yang memasuki tahun ke-7 kali ini mengangkat tema “The 7 Wonders of Tomohon” dengan menampilkan tujuh daya tarik alam (nature) sebagai keajaiban dan keunikan alam Tomohon berupa tujuh gunung, tujuh danau, dan tujuh air terjun untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara ke Tomohon.

 

Untuk itu, pihak pemerintah Tomohon pun juga tegah fokus untuk memperbaiki pariwisata yang ada di sana baik fisik maupun non-fisik.

 

 

“Kami saat ini sangat bersemangat dan intens serta berkomitmen untuk membenahi tata kelola wisata di Tomohon di 7 tempat tersebut, untuk menaikkan kunjungan wisman ke Tomohon,” bebernya.

 

Untuk kegiatan TIFF 2017 hingga saat ini sudah tercatat sekitar 7 Negara yang akan berpartisipasi dalam kegiatan yang nantinya akan digelar sejak tanggal 7-12 Agustus 2017 di Tomohon ini seperti Australia, Korea Selatan, Jepang, Kazaskatan, Nepal, Bhutan, hingga Malaysia.

 

Kegiatan karnaval mini oleh Pemerintah Kota Tomohon di Kawasan MH Thamrin saat Car Free Day

 

Bahkan Walikota pun menyebutkan bahwa pada penyelenggaraan sebelumnya, Korea Selatan datang ke Tomohon untuk mengikuti acara ini hal ini disebabkan mereka (Warga Korea) mengetahui bahwa di Asean yang menyelenggarakan festival bunga hanya ada di Tomohon.

 

“Bahkan pihak pemerintah Korea membiayai peserta itu untuk mengikuti festival ini, seperti kegiatan menghias kendaraan pawai,” jelasnya.

 

Untuk kesiapan untuk kegiatan ini seperti akomodasi, pihaknya pun telah menyediakan homestay untuk menjamu para tamu dalam hal ini peserta festival mengingat di Tomohon belum adanya hotel yang berdiri di sana.

 

“Untuk acara di Tomohon ini memang akomodasi masih di Manado dan seketarnya, tapi kami coba juga homestay di sekitar Tomohon, ya tidak melulu di Manado juga,” jelasnya.

 

Kegiatan Karnaval Mini yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tomohon di Kawasan MH Thamrin saat Car Free Day

Kegiatan TIFF 2017 mengagendakan lima kegiatan utama yakni; Tournament of Flowers/Flower Parade (8 Agustus 2017) sebagai  parade kendaraan hias yang diikuti oleh perwakilan negara sahabat, pemerintah propinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia,BUMN/BUMD, serta instansi/perusahaan swasta.

 

Kontes Ratu Bunga Nusantara (7–10 Agustus 2017) sebagai ajang kontes menjaring minat dan bakat para putri terbaik se-Indonesia dalam mengembangkan minat dan bakat masing–masing serta kecintaan akan bunga

 

Tomohon Flower Carnival (8 Agustus 2017) menampilkan eksotisme bunga dalam balutan pakaian kreatif yang dirancang oleh para perancang lokal maupun asional sebagai bagian dari Parade Bunga.

 

Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (8–12 Agustus 2017) menampilkan warisan seni dan budaya Nusantara, yang dikemas dalam atraksi menarik;

 

Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (8–12 Agustus 2017) menampilkan warisan seni dan budaya Nusantara yang dikemas dalam atraksi menarik;  dan Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo (7 –12 Agustus 2017) kegiatan  pameran menyajikan pameran florikultura, landscape taman bunga, dan juga pameran pariwisata, perdagangan serta investasi.

 

 

Untuk kegiatan pawai nantinya para peserta akan melalui rute jalan utama di Kota Tomohon sepanjang 6 hingga 7 kilometer mulai dari Stadion Babe Palar hingga menuju ke arah Manado.

 

Share This: