Warga Baduy Diterima oleh Wakil Bupati Lebak

_

Sebanyak 1035 warga Baduy, luar dan dalam yang mengikuti Seba Baduy 2019, Sabtu (4/5/2019) sore sampai di Rangkasbintung. Sebelum memasuki Pendopo Kabupaten Lebak, warga Baduy yang berjalan kaki dari Jembatan Keong, diterima oleh Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, di jalan sebelah alun-alun. 

Rombongan berhenti di sebelah alun-alun yang sudah dipenuhi warga dan sekelompok penabuh bedug. Salah seorang perwakilan masyarakat Baduy mengucapkan salam dan menyampaikan maksud kedatangan mereka dalam bahasa Sunda. Kemudian Wakil Bupati menyampaikan sambutan singkatnya juga dalam bahasa Sunda.

“Kami dengan senang hati menerima kedatangan masyarakat Baduy. Kami berterima kasih kepada masyarakat Basuy yang telah menjaga alam dan lingkungan hidupnya,” kata Ade Sumardi.

Setelah memberi sambutan, Wakil Bupati mengantarkan masyarakat Baduy untuk beristirahat di Pendopo, dan pada malam harinya Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya akan menemui masyarakat Baduy. 

Seba Baduy adalah bentuk silaturahmi warga Baduy kepada pemerintah daerah yang berkuasa. Masyarakat Baduy akan datang untuk menemui Bupati Lebak dan Gubernur Banten sambil membawa hasil bumi dan kerajinan tangan milik mereka.

Ratusan warga Baduy yang tinggal di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, sudah berdatangan dan berkumpul di rumah Jaro Saija (Kepala Desa Kanekes) sambil membawa hasil bumi.

Pukul 13.30 rombongan mulai berangkat menuju Rangkasbitung menggunakan puluhan kendaraan dengan pengawalan aparat kepolosian dan 100 anggota Kostrad Batalion Cakra, Ciuyah, Lebak, Banten.

 

 

 

Share This: