Wishnutama Mengaku Baru Tahu Hari Ini Ditunjuk Sebagai Menparekraf.

_

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan masih akan mempelajari tugas-tugasnya di kementerian, karena dia baru mengetahui dirinya ditunjuk sebagai (Menparekraf) pada hari ini.

Hal itu disampaikan oleh Wishnutama dalam ketika ditanya proramnya dalam seratus hari ke depan, usai serah terima jabatan dengan Menpar Arief Yahya yang digantikannya, di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (22/10/2019).

“Saya baru tahu penunjukan ini jadi saya perlu mempelajari lagi untuk program 100 hari ini dan apa yang perlu dienhance dari program-program yang udah ada selama ini. Karena penugasan di pariwisata ini termasuk baru bagi saya, jadi belum sempat berpikir,” kata mantan Direktur Net TV itu.

Menurutnya, tugas utama yang disampaikan oleh Pak Jokowi adalah meningkatkan wisatawan, meningkatkan kualitas devisa dan meningkatkan kualitas wisatawannya atau kunjungan wisatanya (spending).

Oleh karena itu, tambah Wisnutama, harus ditingkatkan kualitas destinasinya.

Mengenai progran Calender of Event (CoE) yang menjadi andalan Menpar Arief Yahya selama ini, Wishnutama menegaskan harus benar-benar dipikirkan.

“Tidak harus banyak, tetapi kualitasnya harus dipikirkan. sehingga orang kepingin datang lagi, bukan tidak ingin datang lagi. Selain itu ada reamplifyng juga. Ketika orang itu merasa senang mereka akan melakukan reamplifying baik melalui sosial media maupun kepada teman-temannya.”

Dalam tugas barunya ini, selain menangani pariwisata, menteri baru ini juga harus menangani ekonomi kreatif.

Mengutip keinginan presiden, menurutnya pariwisata akan jauh lebih menarik dengan mengelola kemampuan kreativitas kita menjadi lebih baik lagi. Pariwisata bukan hanya karena alamnya yang menarik, tetapi bagaimana dicreate menjadi lebih baik lagi.

“Kreativitas itu bukan hanya film atau musik tetapi juga pariwisata yang punya dampak ekonomi secara langsung,” katanya.

Ia menambahkan, keunikan dalam pariwisata juga sesuatu yang menarik. Jadi wisatawan datang tidak semata-mata karena infrastruktur. Sebab orang yang terbiasa menikmati infrastruktur yang bagus tentu ingin menikmati sesuatu yang berbeda.

“Misalnya kalau ingin makan, tidak harus makan di restoran, tapi bisa juga makan di rumah warga. Jadi kita tingkatkan kemampuan warga memasak.”

Menyinggung apa yang sudah dilakulan
Arief Yahya selama ini menurutnya sudah sangat luar biasa. Karena sudah luar biasa itulah, katanya tugas menjadi semakin berat.

“Tentu saja kita juga ingin ada pemikiran-pemikiran baru. Langkah yang dilakukan adalah melanjutkan apa yang sudah Pak Arief lakukan, tapi akan mempercepat dan meningkatkan dengan pemikiran-pemikiran yang berbeda.”

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mendampingi Wisnutama ketika ditanya apa yang akan dilakulan setelah jadi menteri, mengatakan ingin piknik dulu.

“Saya mau ke Bandung,” katanya.

Bandung adalah kota tempat Arief Yahya berasal.

Share This: