Yanti Yaseer dan Komunitas “Happy Trip Mother” Bantu Pengungsi Gunung Mas

_

Dampak perubahan cuaca yang cukup ekstrim, bencana alam terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah banjir bandang di Gunung Mas Cisarua, Bogor yang menyebabkan kerusakan rumah dan lingkungan.

Banjir bandang yang terjadi pada Selasa, 19 Januari tersebut menyebabkan tiga jembatan mengalami kerusakan. Satu di antaranya hanyut terbawa banjir.

Empat rumah di Gunung Mas Puncak juga mengalami kerusakan. Satu rusak berat, sementara sisanya rusak ringan. Ada pula satu warung yang rusak. Akses jalan penghubung ke Rawadulang rusak berat, dan fasilitas agrowisata camping ground rusak dan terendam lumpur.

Warga yang menjadi korban sebagian tinggal di pengungsian. Tempat pengungsian itu, antara lain di Pondok Gunung Mas yang menampung 48 KK dengan 223 jiwa, di Rawadulang yang menampung 8 KK dengan 33 jiwa, pos pengungsian Cirohani menampung 2 KK dengan 15 jiwa, penampungan di Kampung Pensiunan dengan 111 KK dan 416 jiwa, serta pos pengungsian di Kampung Citeko yang menampung 11 KK dan 30 jiwa.

Melihat penderitaan yang dialami oleh para pengungsi, Komunitas Arisan Happy Trip Mother, Bogor, mengadakan bakti sosial dengan beberapa ratusan nasi box.

Share This: