Yayasan Swayanaka: Gerakan Mahasiswa Peduli Ibu dan Anak

_

Yayasan Swayanaka Indonesia berisi para Mahasiswa yang menyayangi anak-anak. Merupakan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) non-profit bervisi misi sosial yang terdiri dari mahasiswa multidisplin dari berbagai universitas, telah berdiri sejak 1978. Hingga saat ini Swayanaka senantiasa giat bekerja untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Swayanaka Indonesia telah hadir di 7 regional yang tersebar di Indonesia, yaitu: Surabaya, Jakarta, Jember, Malang, Solo, Bali, dan Semarang.

Kegiatan utama Swayanaka Indonesia di Regional Jakarta adalah bimbingan belajar (bimbel) anak dan bimbel ibu yang dilaksanakan rutin setiap Hari Minggu pukul 10.00 s.d 12.00 WIB. Sementara itu, terdapat pula berbagai kegiatan sosial yang bersifat eventual seperti pekan seni dan kreativitas anak, pemeriksaan kesehatan warga, seminar parenting, peringatan hari anak nasional, dan berbagai kegiatan internal volunteer antara lain upgrading training dan Swayanaka goes to village.

Sejak tahun 2012 hingga tahun 2016, Swayanaka Regional Jakarta telah memiliki 120 anggota aktif. Sebagai Visi, “Meningkatnya kesempatan anak Indonesia, dalam perannya sebagai generasi harapan bangsa untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensinya.” Ungkap Titin selaku pengurus Sawayanaka Regional jakarta.

Swayanaka senantiasa menggali, membina, dan menggerakan mahasiswa untuk berkontribusi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan anak Indonesia, meningkatkan kualitas pembinaan tumbuh kembang anak dalam keluarga dan masyarakat, serta menginspirasi dan membentuk pola pikir anak Indonesia, bahwa mereka adalah generasi harapan bangsa.

Banyak kegiatan dan program yang sangat membantu oleh Swayanaka seperti, roadshow Swayanaka tanggap banjir Jakarta , Buka Bersama Anak-Anak Korban Kebakaran Penjaringan Jakarta, Perputakaan Mini di Jakarta Kota, Sobang dan Lombok tahun 2014 dan Qurban Swayanaka Bersama Urban Qurban.

Share This: